Bentuk Karekter Disiplin Bagi Anak Didik Baru SMP Negeri 1 Pule

Polres Trenggalek – Menindak lanjuti perintah dari Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji,SH,MH untuk pelaksanaan pendampingan siswa baru SMP Negeri 1 Pule dalam penerimaan siswa baru, memenuhi permintaan dari sekolah kepada Polsek Pule. Dikirimnya personel dalam kegiatan di sekolah, Senin (17/7).

Personel yang ditugaskan dalam memberikan bekal kepada murid baru, Aiptu Suhadi dan Kanit Binmas Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Santoso. Dengan memberikan dasar gerakan baris berbaris yang menjadi materi latihan pembuka dalam kegiatan pembekalan, yang akan dilanjutkan dengan pengenalan yang masih berhubungan dengan sikap disiplin. Pembekalan kepada siswa baru yang ada di SMP 1 Pule, kegiatan yang serupa masih akan dilaksanakanĀ  selama tiga hari.

“Untuk kegiatan awal kita kenalkan dengan gerakan baris – berbaris sebagai dasar dalam membentuk sikap disiplin, dengan gerakan baris berbaris harus adanya sikap kebersamaan dan satu komando. Itu yang menjadi acuan dalam menciptakan sikap disiplin, ” Kata Aiptu Suhadi Kasi Humas Polsek Pule Polres Trenggalek saat memberikan pembekalan bersama Aiptu Santoso.

Dengan mengumpulkan para siswa baru di halaman sekolah Aiptu Santoso bersama Aiptu Suhadi mulai memberikan materi, pengenalan PBB yang pertama marupakan gerakan ditempat. Menunjukan sikap siap, Istirahat, hadap kanan/Kiri dan penghormatan, yang diambil dari gerakan Disdaspol untuk disampaikan kepada siswa baru.

Pengambilan materi awal dalam baris berbaris menimbang pengertian baris berbatis adalah suatu latihan fisik yang diperlukan menanamkan rasa disiplin, mempetebal semangat dan rasa kebangsaan. Jiwa patriotisme serta tanggung jawab yang tinggi bagi para siswa sehingga diperoleh sikap lahir(ketegapan, kelincahan, ketrampilan, disiplin, keikhlasan, berkorban, kesetiaan dan persatuan) yang diharapkan.

Serta menanamkan kebiasaan dalam tata cara hidup suatu organisasi masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu. Yang dimungkinkan dengan pemberian materi dasar peraturan baris -berbaris akan memberikan kesan disiplin sejak dini dikalangan usia SMP.


Sumber : Polres Trenggalek