Polsek Gandusari Pengamanan Ujian Kenaikan Tingkat Warga Pagar Nusa

Polres Trenggalek – Wakapolsek Gandusari Ipda Sumitro S.H, bersama para Kanit, Kasi dan anggota melaksanakan pengamanan kegiatan ujian kenaikan tingkat warga Pagar Nusa NU PAC Gandusari yang bertempat di halaman Masjid Darussalam dan di lapangan Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari, Trenggalek, sabtu (21/04/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih 250 orang antara lain Muspika Gandusari, Ketua PAC PN Gandusari beserta anggota, Takmir masjid Darussalam Kecamatan Gandusari Saudara Jamal Abidin, dewan pendekar Dari Cabang Trenggalek Saudara Gus nur kozin, Pelatih dan senior PN PAC. Gandusari, 117 orang siswa PN yang mengikuti kenaikan tingkat.

Susunan acara pembukaan, sambutan sambutan, prosesi tes atau ujian kenaikan tingkat, Doa bersama di pimpin oleh saudara Muhab, penutup/Doa.

Sambutan Dewan pendekar dari Cabang Trenggalek Saudara Gus Kozin pada intinya mengucapkan salam. Mengucapkan selamat kepada peserta tes kenaikan sabuk Pagar Nusa Pac Gandusari. Memperkenalkan diri, menyampaikan terkait badan otonom NU adalah Pagar Nusa. Menyampaikan warga PN bebas dari agama manapun akan tetapi harus mengikuti Adart PN. Menyampaikan silsilah pagar nusa. Menyampaikan pagar nusa cabang Trenggalek sementara belum ada ketuanya.

Sambutan takmir masjid jamik saudara Jamal Abidin pada intinya mengucapkan salam, menyampaikan apa yang di sampaikan dewan pendekar harus di pedomi. Memberikan motifasi untuk membela agama, membela negara dan membela diri sendiri. Menyampaikan pesan pesan dari guru pagar nusa. Menyampaikan bahwa olahraga pencak silat pagar nusa bernaung di NU. Menyampaikan pertama kali Pagar Nusa di buka di Ranting gandusari 1996. Menyampaikan apabila murid taat kepada guru maka murid tersebut akan sukses. Menyampaikan 3 perkara agar kita di hormati orang harus bisa menyimpan kemiskinan (jangan sekali meminta minta ), simpanlah rasa gelisah kamu (susah harus meminta pertolongan kepada Alloh Swt.) dan simpanlah kemarahanmu (harus pandai menyikapi permasalahan)

Sambutan Wakapolsek Gandusari pada intinya mengucapkan salam, mengucapkan selamat kepada peserta tes yang akan naik tingkat. Selanjutnya menyampaikan sebagai berikut “kami minta kepada warga pagar nusa untuk saling menjaga keamanan dan ketertiban. Kemudian agar para peserta tes untuk tidak terpancing perguruan lain selanjutnya agar selalu menjaga kekompakan dan tidak mencari permasalahan dengan perguruan lain. Kemudian agar tidak mudah percaya dengan berita hoax terkait media sosial” ujar Ipda Sumitro Wakapolsek Gandusari.

Prosesi ujian kenaikan tingkat yaitu pemanasan senam jurus di halaman kantor kecamatan Gandusari, dilanjutkan lari dengan rute start dari Kecamatan Gandusari belok kanan arah pasar Gandusari belok kiri arah pertigaan makam bayi Dukuh Kayen belok kiri arah perempatan kartini dan lurus arah pasar Gandusari belok kiri menuju Finis Masjid Jamik Gandusari. Kemudian dilanjutkan dengan uji kompetensi jurus sabung, selanjutnya di tutup dengan doa bersama di pimpin oleh saudara Muhab.


Sumber : Polres Trenggalek