Waspada Kejahatan Pencopetan Saat Pasaran

Tidak ada komentar 50 views

Polres Trenggalek – Ada gula ada semut, ada keramaian masyarakat disitu sosok Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek ada dalam kegiatan masyarakat yang ramai seperti saat pasaran Kliwon, dusun Jajar, desa Sidomulyo, pada Selasa ( 26/03 ). Kehadiran Bripka Andik Setiawan dalam memantau keamanan dan kelancaran dalam pencegahan gangguan saat pasaran terlihat pada pagi kemarin.

 

Tindak kejahatan pencopetan sudah sering terjadi disaat pasaran, pelaku memanfaatkan situasi korbanya yang berdesakan dengan memanfaatkan situasi dari belakang untuk mengambil dompet yang berada di dalam tas. Adanya korban pelaku pencopetan setelah membeli sebuah perhiasan di salah satu toko emas yang berada di pasar, kemudian selang beberapa waktu kemudian kembali ke toko emas menanyakan apa dompetnya ketinggalan. Setelah diperiksa ternyata tas yang berisi dompet di dalamnya telah membekas goresan silet untuk mengambil barang didalamya. Cerita pernah terjadinya korban pencopetan di pasar kliwon Sidomulyo.

 

 

Pelaku pencopetan dalam pidananya seperti yang disampaikan Bripka Andik Personel Polsek Pule Polres Trenggalek merupakan Pencurian menurut hukum beserta unsur-unsurnya dirumuskan dalam pasal 362 KHUP, “Barang siapa mengambil suatu benda yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum, diancam karena pencurian, dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak sembilan ratus rupiah”, katanya saat ditemui di pasar hari Kliwon, desa Sidomulyo.

 

 

Salah satu upaya cegah pencopetan saat membawa tas, bisa dilakukan Tas yang terbuka dan terkesan mahal selalu menjadi incaran copet di keramaian. Daripada tas kamu dicopet dan hilang barang di dalamnya, lebh baik pakai saja tas yang tertutup. Maksudnya adalah cari tas yang tidak mencolok perhatian dan kalau bisa tidak terlihat dari luar.

 

 

Tas yang tampak sederhana dan biasa atau tersembunyi akan jauh lebih aman dan tidak menarik perhatian copet. Lagipula copet jauh lebih suka mengincar barang di dalam tas yang tampak mewah, terbuka, dan potensial. Copet pun juga milih-milih kok sebelum beraksi.