Sambangi Poskamling, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak Serahkan Bantuan Peralatan Keamanan

Polres Trenggalek – Salah satu gerakan polisional berbasis kemasyarakatan adalah menghidupkan kembali kearifan lokal melalui Poskamling. Keberadaan Poskamling ini terbukti nyata mampu mencegah gangguan Kamtibmas yang terjadi di lingkungan pemukiman masyarakat. Kata kuncinya tentu saja kesadaran dan keaktifan dari masyarakat itu sendiri untuk bersama-sama menjaga keamanan lingkungan.

Mendasari hal tersebut, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. mengunjungi salah satu Poskamling yang berada di Dusun Kebonsari Desa Gondang Kecamatan Tugu Trenggalek.

“Silaturahmi dengan masyarakat Desa Gondang sekaligus penguatan polisional dan menggugah semangat dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.”

AKBP Jean Calvijn menambahkan, Kamtibmas tidak bisa hanya dibebankan kepada apaptur negara saja namun merupakan tanggung jawab bersama dari semua stakeholder dan masyarakat. Rasa Aman dan nyaman akan tumbuh jika ada partisipasi aktif dari setiap warga.

Poskamling, lanjut AKBP Jean Calvijn merupakan wadah kegiatan masyarakat dalam hal keamanan lingkungan. Oleh sebab itu perlu disapkan personel dan sistem agar lebih hidup dan membawa manfaat bagi segenap warga.

“Dalam prosesnya nanti akan di dukung oleh Bhabinkamtibmas sehingga bisa lebih optimal.” Imbuhnya

Dalam kesempatan tersebut, Perwira muda penghobi joging dan olehraga sepeda ini mengingatkan kembali kepada seluruh warga yang hadir terkait dengan pergantian musim dan kerawanan bencana alam.

Pihaknya juga meminta agar warga tetap waspada dan segera melaporkan kepada aparat terkait atau posko bencana yang terdekat jika terjadi bencana alam banjir ataupun tanah longsor sehingga lebih cepat ditangani.

“Bantuan dan dukungan dari para tokoh agama, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat untuk membantu Kepolisian dalam memelihara Kamtibmas yang kondusif tentu sangat kami harapkan. Trenggalek aman, jogo Jawa Timur untuk Indonesia maju.” Pungkasnya

Dalam kunjungan tersebut, AKBP Jean Calvijn menyerahkan sejumlah bantuan kepada pengurus Poskamling berupa peralatan yang nantinya dapat digunakan bersama-sama dalam menjalankan tugas dan fungsinya menjaga keamanan lingkungan.