Tindak Lanjut Inpres tentang Disiplin Prokes, Satgas Kecamatan Bendungan mulai Adakan Penertiban

Polres Trenggalek – Usai dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Disiplin Penerapan Protokol Kesehatan yang dilaksanakan di Mapolres Trenggalek pada Senin (24/8/2020) kemarin, hari ini seluruh Satgas di Kabupaten Trenggalek mulai bergerak serentak untuk melaksanakan penertiban di lapangan.

Tak terkecuali di wilayah Kecamatan Bendungan, upaya penegakan hukum guna mendisiplinkan masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Bendungan, AKP Puguh Wardoyo, S.H.,M.H., Selasa (25/8/2020).

Melibatkan petugas gabungan yang terdiri dari personel Polsek, Koramil, dan Satpol PP Bendungan, kegiatan penertiban ini pun dipusatkan di jalan raya depan Mapolsek Bendungan.

“Hari ini Satgas Disiplin Prokes Kecamatan Bendungan sudah mulai melakukan penertiban sekaligus penegakan hukum kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Satgas Gabungan kami pimpin bersama pak Danramil Bendungan,” ujar AKP Puguh.

Di lokasi kegiatan tampak beberapa petugas memberhentikan warga yang kedapatan tidak memakai masker.

Setelah diberikan teguran lisan, petugas pun memberikan masker secara gratis dan langsung dipakaikan kepada pelanggar saat itu juga.

“Penindakan sementara berupa teguran lisan. Tak menutup kemungkinan jika hasil Anev kami ke depan masih dijumpai masyarakat yang bandel, maka penindakan kami ditingkatkan lagi sebagaimana ketentuan yang tercantum di Inpres Nomor 6 Tahun 2020,” tegas AKP Puguh.

Kepada redaksi AKP Puguh menambahkan, bahwa penggunaan masker merupakan hal wajib dan sudah menjadi gaya hidup di tengah pandemi saat ini.

“Masyarakat terus kami edukasikan untuk menerapkan pola 4M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Pola 4M sudah menjadi gaya hidup utama untuk menghadapi pandemi saat ini,” tandas AKP Puguh.

Tak hanya melakukan penindakan terhadap pelanggar Prokes saja, AKP Puguh dan tim juga mengimbau warga agar mematuhi tata tertib berlalu lintas, utamanya tentang penggunaan helm.

“Kepada pelanggar kami imbau agar patuh terhadap aturan lalu lintas. Jauh dekat wajib menggunakan helm demi keselamatan saat berkendara,” tuturnya.

Sementara itu, dari hasil penertiban tersebut terdapat 4 pelanggar yang sudah diberikan teguran lisan.

Pihaknya pun berharap masyarakat semakin meningkat kesadarannya sehingga angka penyebaran Covid-19 menurun.