Kapolsek Watulimo Ikuti Sosialisasi Tentang Hukum Perikanan di PPN Prigi

Polres Trenggalek – Bertempat di aula Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Trenggalek menggelar sosialisasi Perundang-undangan Perikanan tahun 2020. Rabu (26/8).

Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H yang hadir bersama Forkopimcam Watulimo mengatakan bahwa dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Trenggalek ini disampaikan sejumlah aturan hukum untuk mengelola hasil perikanan kepada undangan yang terdiri dari kelompok nelayan.

AKP Suraji dalam sambutannya menjelaskan sebagaimana diketahui bersama Kabupaten Trenggalek terdapat tiga Teluk yang menyimpan akan sumber daya alam dari laut yang sangat besar, sehingga perlu dikelola dengan sebaik mungkin untuk kesejahteraan masyarakat.

“Azas pengaturan dalam perikanan adalah kemanfaatan, keberlanjutan, dan kelestarian. Sehingga pengaturannya sebagaimana disampaikan oleh pembicara tentang hukum perikanan adalah masalah teknis yang harus diikuti oleh nelayan,” ujar AKP Suraji.

Lebih lanjut AKP Suraji menerangkan bahwa didalam undang-undang sudah dijelaskan secara lengkap tentang aturan, larangan maupun sanksi baik administrasi sampai pidana, sehingga pihaknya berharap agar semua pihak mempedomani dan melaksanakan apa yang telah ditetapkan oleh undang-undang tersebut demi terjaganya kelestarian lingkungan laut.

“Mari kita bersama patuhi aturan yang berlaku, dan tetap memperhatikan keberlanjutan serta kelestarian sumberdaya ikan. Jangan ngaji mumpung, sehingga kelak nantinya kelestarian laut ini dapat dinikmati oleh anak cucu kita,” pungkasnya.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan tanya jawab dan diskusi, turut hadir dalam acara tersebut antara lain Syahbandar Prigi, PSDKP Prigi, Kasi Pelayanan BKPM Jawa Timur, TNI AL Lanal Malang Posmat Prigi, Satuan Polairud Polda Jatim BKO Polres Trenggalek, serta sejumlah 30 undangan dari kelompok nelayan.