Patroli Gencar Sosialisasi Protokol Kesehatan

Tidak ada komentar 8 views

Polres Trenggalek – Aiptu Nugroho Kanit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek melakukan kegiatan pembinaan kepada warga dalam upaya kegiatan disiplin protokol kesehatan di lokasi umum, simpang lima kasrepan desa Jombok, itu pada Selada ( 25/8 ).

Kegiatan pembinaan disiplin protokol kesehatan terus di sampaikan kepada warga dalam mengikutsertakan peran semua pihak dalam perang melawan Covid-19.

Aiptu Nugroho Kanit Sabhara Polsek Pule Polres Trenggalek dalam kegiatan kemarin mengatakan, disiplin protokol kesehatan yang saat ini disampaikan salah satunya penggunaan masker dan membiasakan cuci tangan.

Disiplin Protokol kesehatan dalam upaya membiasakan diri hidup bersih dan sehat yang kesemuanya untuk mencegah adanya pandemi Covid-19.

Cara cuci tangan yang benar dan berdampak
Ide mencuci tangan pertama kali dikemukakan oleh Ignaz Philipp Semmelweis, dokter Hungaria, pada pertengahan abad ke-19.

Semmelweis menyarankan dokter-dokter mencuci tangan untuk menekan angka kematian akibat infeksi pada persalinan. Kala itu, setelah para dokter giat mencuci tangan, angka kematian pada pasien yang melahirkan di sana turun dari 13-18% menjadi sekitar 2%. Ini sebuah penurunan kejadian penyakit yang “ajaib”.

Metode mencuci tangan telah diakui efektif untuk membunuh mikroorganisme dan mencegah penyakit menular, tidak hanya penyakit pada saluran cerna, tapi juga penyakit lainnya seperti penyakit kulit dan penyakit saluran napas atas.

Begitu pentingnya mencuci tangan dengan baik dan benar, peraturan dan praktik cuci tangan menjadi salah satu kriteria penilaian dalam proses akreditasi rumah sakit di Indonesia. Pada elemen penilaian dari Standar Keamanan Pasien Sasaran 5, cuci tangan dijadikan parameter untuk mengurangi risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan di rumah sakit.