Hari Jadi ke-72, Polwan Trenggalek Gelar Ziarah TMP

Polres Trenggalek – Sejumlah polisi wanita (Polwan) Polres Trenggalek menggelar ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jarakan kabupaten Trenggalek. Ziarah ini merupakan rangkaian dari peringatan hari jadi ke-72 Polwan Republik Indonesia. Jumat (28/8).

Bertindak selaku pimpinan rombongan adalah Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H. dan diikuti oleh sedikitnya 30 personel Polwan baik dari Polres maupun Polsek jajaran.

Kegiatan diawali dengan perhormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan mengehningkan cipta dan peletakan karangan bunga oleh pimpinan rombongan ziarah serta tabur bunga oleh seluruh peserta ziarah.

Dikonfirmasi terpisah, Kompol Mujito menuturkan, ziarah rombongan merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah berkorban harta dan nyawa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sekaligus wujud syukur Polri khususnya polisi wanita dimana diusia yang ke-72 ini masih eksis dan mampu memberikan yang terbaik tidak hanya bagi Kepolisian tetapi juga masyarakat bangsa, dan negara.” Ujar Kompol Mujito.

Sementara itu, Aiptu Anik Siswana, S.H. yang merupakan Polwan senior di jajaran Polres Trenggalek menegaskan, kiprah Polisi wanita Indonesia tak bisa dianggap remeh. Sejak berdiri tanggal 1 September 1948 silam, Polwan telah banyak berkontrbusi dalam pemeliharaan keamanan di nusantara.

Di era revolusi industri 4.0 saat ini, polisi wanita mampu menujukkan dharma baktinya dengan berbagai keahlian maupun skill yang tak kalah dengan Polki (polisi laki-laki). Bahkan beberapa diantaranya memegang jabatan strategis. Hal ini tak lepas dari dedikasi dan integritas yang dimiliki oleh Polwan Indonesia.

“Harapan kita tentunya Polwan tetap eksis, berkarya dan memberikan pengabdian terbaiknya tanpa menisbihkan perannya sebagai seorang wanita, istri bagi suami dan ibu bagi anak-anaknya. Polwan siap mewujudkan kamtibmas kondusif, masyarakat semakin produktif.” Ucapnya.