Musim Kemarau Polisi Bersama Lintas Instansi Antisipasi Karhutla

Polres Trenggalek-Kapolsek Munjungan menggelar Rakor antisipasi penanggulangan KARHUTLA bersama Muspika Kecamatan Munjungan, Jumat (28/8) pagi.

Rapat koordinasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) digelar secara sinergitas oleh Muspika Kecamatan Munjungan dan dihadiri oleh seluruh Kepala Desa, BKTM/BHABINSA, KRPH dan Ketua LMDH masing-masing Desa se-Kecamatan Munjungan.

Digelarnya rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan sebagai upaya penanggulangan Karhutla diwilayah Kecamatan Munjungan. Sebagaimana diyakini bahwa bencana adalah merupakan tanggung jawab bersama, Pemerintah Daerah serta keterlibatan seluruh Stakeholder dalam menanggulanginya.

Kapolsek Munjungan Iptu Rohmad Hudi,S.Pd menyebut bahwa prediksi puncak musim kemarau terjadi pada antara bulan Agustus dan bulan September setiap tahunya, juga dalam pembahasanya Kapolsek Munjungan berpendapat bahwa 99% kebakan hutan dan lahan terjadi karena ulah dan kecerobohan manusia.

Oleh sebab itu perlu segera dilakukan penguatan kewaspadaan yang melibatkan Pemerintah Daerah, TNI/POLRI, Perhutani, Kelompok/Organisasi dan Masyarakat” ujar Rohmad dihadapan peserta rapat.

Selanjutnya pihak Muspika Kecamatan Munjungan Rudiyanto selaku Camat Munjungan mempertegas dukungan bersama TNI/POLRI dalam mengantisipasi ataupun penanggulangan kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kecamatan Munjungan, dengan cara upaya dini seperti pemasangan himbauan dan membentuk tim ataupun Satgas secara senergitas dan terorganisir yang melibatkan seluruh pemangku wilayah di Kecamatan Munjungan. (Red.AA)