Bripka Andi Setiawan Monitoring Giat Evaluasi Desa STBM

Polres Trenggalek – Siang ini, Selasa (15/09) telah dilaksanakan giat evaluasi Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) 5 Pilar termasuk CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dimasa Pandemi Covid-19 oleh DINKES PPKB Kabupaten Trenggalek bertempat di Desa Sumber Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek, hadir dalam giat tersebut Bhabinkamtibmas Desa Sumber Polsek Karangan Polres Trenggalek Bripka Andi Setiawan guna melakukan monitoring sekaligus pengamanan selama berlangsungnya kegiatan.

Kegiatan tersebut bertempat di Balai Desa Sumber dengan dihadiri oleh Ketua Forum Kabupaten Sehat Sdri. Penny Mulyadi, Ketua Tim Dinkes PPKB Sdr. Yajid, Kepala Puskesmas Karangan dr. Tita Riskana, Kades Desa Sumber Budi Purnanta, S.T., Ketua TP PKK Desa Sumber Sdri. Umu Sa’adah, Kader STBM Desa Sumber Sdri. Yayuk Mulyati, BKTM Desa Sumber Bripka Andi Setiawan Perangkat Desa Sumber, Tim Puskesmas Karangan, Bidan / Perawat Desa Sumber, Koordinator Kader Posyandu, Ketua RT dan Ketua RW, Tokoh Masyarakat, Satgas Covid Desa Sumber termasuk CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

Adapun pemaparan dari Program tersebut adalah sebagai berikut;
– STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) merupakan Program Pemerintah dalam rangka memperkuat upaya pembudayaan hidup bersih dan sehat, mencegah penyebaran penyakit berbasis lingkungan.
– STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) adalah sebuah metode dalam meningkatkan kualitas sanitasi masyarakat melalui strategi pemberdayaan dengan teknik pemicuan perubahan perilaku yang terdiri dari 5 (lima) pilar.

Indikator STBM 5 Pilar diantaranya adalah :
a. Pilar 1 Stop buang air besar sembarangan.
b. Pilar 2 Cuci tangan pakai sabun (CTPS).
c. Pilar 3 Pengelolaan air minum dan makanan di rumah tangga (PAMMRT).
d. Pilar 4 Pengelolaan sampah di rumah tangga (PSRT).
e. Pilar 5 Pengelolaan limbah cair rumah tangga (PLCRT).

Komitmen Bersama Desa Sumber Dalam Rangka Mewujudkan Desa STBM Tahun 2020 dengan Membuat lubang cerdas untuk pengelolaan sampah. Membuat SPAL (Saluran pembuangan air Limbah) Sederhana. Berkomitmen untuk mewujudkan Desa STBM 5 Pilar 1 Bulan kedepan (Bulan Oktober 2020).

“Kegiatan evaluasi Desa STBM siang ini berjalan dengan lancar. Para peserta diberikan penjelasan mengenai STBM dan juga indikator STBM 5 pilar yang merupakan implementasi dari pola hidup bersih dan sehat. Dari giat evaluasi tersebut Desa Sumber berkomitmen untuk mewujudkan Desa STBM 5 Pilar 1 bulan ke depan / Oktober 2020. Rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan dan juga dicek suhu tubuhnya sebelum memasuki tempat acara, penataan kursi dengan jarak 1m oleh satgas covid-19 Desa Sumber sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif,” ujar Bripka Andi.