Sasar Wilayah Hutan Bogoran, Aiptu Suwarno Pimpin Anggota Cegah Karhutla

Polres Trenggalek – Pada pertengahan bulan September ini di Kabupaten Trenggalek Khusunya Wilayah Kecamatan Kampak perubahan cuaca dari penghujan menjadi kemarau mulai terasa. Baik dari berkurangnya intensitas hujan hingga surutnya sejumlah sungai. Rabu (16/9).

Menyikapi hal tersebut Kapolsek Kampak, Iptu Andi Salbi, Amd.Kep.,S.H mengerahkan personel untuk melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya setiap hari.

Dan pagi ini, menindaklanjuti perintah tersebut regu patroli yang dipimpin Kanit Binmas Polsek Kampak Aiptu Suwarno, yang melaksanakan patroli di wilayah hutan tepatnya masuk desa Bogoran Kampak.

“Kegiatan yang dilakukan rekan – rekan di lapangan pada saat patroli tadi adalah menjaga desa rawan bencana serta beberapa desa disekitarnya sehingga tidak terjadi karhutla di wilayah tersebut,” ucap Suwarno saat ditemui redaksi usai kegiatan.

“Kegiatan tim ini meliputi monitoring kawasan, sosialisasi, pencarian informasi dan pemetaan masalah,” lanjut pak Warno.

“Upaya dimaksud diatas perlu memperhatikan kearifan lokal masyarakat dan secara bertahap dan mencari solusi adanya kemungkinan pembakar hutan dan lahan yang bermotif ekonomi. Dan perlu diketahui, pelaku pembakaran hutan dapat dikenakan sanksi hukum berupa pidana penjara selama 10 tahun dan denda Rp 10 Milyar,” Imbuhnya.

Masih menurut Henri, “Dalam upaya dimaksud juga dibarengi dengan dilaksanakan kegiatan dukungan sosialisasi antisipasi penyebaran Covid-19,” tutup Suwarno.