Patroli Gentong, Distribusikan Air Bersih Sekaligus Cegah Covid-19

Polres Trenggalek – Wilayah geografis Kabupaten Trenggalek didominasi oleh perbukitan dan pegunungan. Tak bisa dipungkiri, saat musim penghujan, Kabupaten Trenggalek kerap dilanda banjir akibat volume air yang meluap dari sungai. Sebaliknya, saat musim kemarau panjang sering kali terjadi krisis air bersih.

Kondisi ini yang kemudian memantik perhatian Polri khususnya Polsek Dongko yang tergerak untuk membantu masyarakat yang kekurangan air bersih dengan meluncurkan `patroli gentong`. Patroli gentong ini merupakan langkah kemanusiaan untuk mengurangi dan membantu beban warga khususnya terkait dengan kebutuhan air bersih. Ditambah lagi masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. dalam setiap kesempatan selalu mengingatkan kepada jajarannya agar mengutamakan kepedulian, tindakan empati dan humanisme setiap menjalankan tugas-tugas dilapangan.

“Inovasi Polsek Dongko melalui Patroli Gentong ini patut diapresiasi dan bisa dikembangkan di Polsek lainnya guna membantu masyarakat yang mengalami kekurangan air.” Ujar AKBP Doni.

Masih kata AKBP Doni, selain mengirimkan air bersih hingga pelosok desa, patroli gentong juga berfungsi silaturahmi sekaligus memantau dinamika Kamtibmas wilayah. Tak hanya itu, Patroli gentong juga dimanfaatkan sebagai media sosialisasi dan kampanye tentang protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Karena keterbatasan sarana prasarana, mobil patroli Polsek Dongko dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengangkut tandon air ukuran 3.800 liter untuk kemudian dibagikan kepada warga yang membutuhkan.” Imbuhnya.

Sementara itu Kapolsek Dongko, AKP Rohadi, S.H. menuturkan, hari ini merupakan perdana digelarnya patroli gentong mengingat musim kemarau panjang yang menyebabkan beberapa desa diwilayahnya mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. Jumat, (18/9).

“Iya benar, hari ini kami mendistribusikan air bersih di lingkungan Rt 01/01 Dusun Jogadi Desa Pandean dan lingkungan Rt 45/01 Dusun Karangsudo Desa Cakul Kecamatan Dongko Trenggalek.” Tutur AKP Rohadi

“Karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, Patroli gentong kali ini bertemakan cegah Covid-19. Jadi, salurkan air bersih sekaligus kampanye protokol kesehatan. Warga yang antri air bersih juga wajib pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak aman.” Tambahnya

Lebih lanjut AKP Rohadi mengatakan, pihaknya telah memetakan daerah yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih diantaranya Desa Cakul, Pandean, serta sebagian Petung. Untuk pengiriman air bersih akan dilakukan secara bergiliran setiap hari.

“Dalam satu hari, kami distribusikan sedikitnya dua kali ke desa-desa bergliran” Pungkasnya

Pihaknya berharap, dengan patroli gentong ini bisa membantu masyarakat dalam mencukupi kebutuhan air bersih sekaligus meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan tentunya Kamtibmas yang kondusif.