Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Kapolres Trenggalek

Polres Trenggalek – Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang gelar di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek berlangsung Khidmat. Kendati berlangsung ditengah pendemi Covid-19, tak mengurangi semangat dari para peserta upacara. Kamis, (1/1).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Plt Bupati Trenggalek Drs.Benny Sampirwanto M.si, Pasi Pers Kodim 0806 Kapten Inf Panut, sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada Danramil Bendungan Kapten Inf Supoto.

Nampak hadir ditengah-tengah undangan antara lain, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si., Dandim 0806 Letkol Arh. Uun Samson Sugiharto,S.I.P.,M.I.Pol., Kajari Darfiah,S.H.M.H., Ketua PN Deny Riswanto,S.H, M.H, Wakil Ketua DPRD Doding Rahmadi, S.T., Kepala OPD, BUMN, Muspika, LVRI, Pepabri, PWRI, DHC 45, dan beberapa perwakilan dari Organisasi masyarakat, pemuda dan wanita.

Dihubungi terpisah usai upacara, AKBP Doni menuturkan, makna Hari Kesaktian Pancasila bagi masyarakat Indonesia sangat mendalam. Berkali-kali ada upaya mengganti Pancasila dengan ideologi lain, tetapi sejarah mencatat tidak ada satupun yang berhasil. Pengorbanan para pahlawan revolusi membuktikan bahwa Pancasila sakti dan tak akan bisa tergantikan dengan Ideologi lain.

“Pancasila merupakan dasar negara dan menjadi satu-satunya asas bernegara. Didalamnya terdapat saripati nilai-niai luhur bangsa Indonesia.” Ungkap AKBP Doni.

Masih kata AKBP Doni, the founding father Indonesia telah sepakat menjadikan Pancasila sebagai pemersatu dari karagaman suku, adat dan budaya sebagaimana tercantum dalam Bhineka Tunggal Ika. Maka sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga Pancasila. Tidak sekedar menghafal tetapi juga mengamalkan dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila sudah final, tidak boleh ada yang mencoba mengutak-utik apalagi mengganti dengan ideologi yang bertentangan.” Tegasnya