Bunyi “Wiu-wiu” Memecah Kesunyian, Warga pun Berhamburan, mendekat bawa Bak Penampungan

 

 

Polres Trenggalek – Bunyi sirine mobil Polisi memecah keheningan pada siang hari ini, dalam sekejap warga lingkungan Rt 45/01 bagian barat Dusun Karangsudo Desa Cakul Kecamatan Dongko langsung berhamburan keluar rumah sambil berlarian dengan membawa jerigen air dan mendekat ke kendaraan Polisi yang bertuliskan Patroli Gentong Cegah Covid-19.

Ketika tim ini menemui salah satu warga yang mengantre, ia mengatakan bahwa sudah hafal dengan bunyi sirine dari mobil pak Polisi Dongko mengirimkan air. Oleh karenanya ia bersama warga lainnya langsung mendekat untuk mengisi bak penampung air.

(Red Jawa) “Kulo pun apal lo Pak, ingkang mungel “wiu-wiu” niku wau titihane Pak Polisi Dongko ingkang badhe ngirimi toya wonten warga mriki, tapi nggih giliran, kadang nggih dukuhan nginggil mrika, sebelah mrika lan lingkungan warga ingkang ngandhap, supados ngratani.”

“Saya sudah hafal dengan bunyi “wiu-wiu” (sirine) tadi adalah kendaraan milik Polsek Dongko yang mengirimkan air ke warga disini, secara bergilir, terkadang di lingkungan dukuhan atas, lingkungan sebelah juga warga yang bawah supaya bisa merata.” Kata salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Dikonfirmasi tim ini, Ka SPKT Polsek Dongko Polres Trenggalek AIPTU Heru Cahyo Widodo selaku armada patroli gentong mengatakan, jika distribusi air bersih yang dilakukan adalah untuk membantu kebutuhan masyarakat, dan selalu digelar ketika musim kemarau tiba.

“Distribusi air bersih untuk membantu kebutuhan masyarakat. Dan ini selalu digelar oleh Polsek Dongko Polres Trenggalek ketika musim kemarau tiba, maka dari itu kami selalu siap sedia melakukannya agar warga terdampak kekeringan bisa memperoleh manfaat lebih dari kehadiran Polisi.” Ujarnya.

Dan walaupun cuaca sangat panas terik hingga 39 derajat, kami pun tetap semangat demi masyarakat, pastinya keluar keringat bikin badan menjadi sehat. Tambah AIPTU Heru Cahyo Widodo.

Sementara Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., yang menjadi pengendali mengungkapkan jika pihaknya tetap mensiagakan kendaraan patroli gentong untuk operasional mendistribusikan air bantuan secara gratis guna membantu masyarakat terdampak kekeringan di musim kemarau.

“Musim kemarau yang datang tahun ini walaupun tidak begitu panjang masih juga berdampak kekeringan di wilayah langganan, seperti lingkungan Rt 01, 02, 45 Karangsudo Cakul, juga di kawasan Rt 23 Banar Petung dan Rt 01 Dusun Jogadi Desa Pandean Kecamatan Dongko. Oleh karena itu kami siagakan kembali kendaraan patroli gentong untuk operasional mendistribusikan air bantuan secara gratis.” Ungkap AKP Rohadi.

Dan pada setiap harinya secara bergilir oleh regu jaga untuk hadir menjangkau ke lokasi terdampak kekeringan yang sudah kami petakan tersebut. Tandas Kapolsek Dongko.