Hari Pertama Jabat Kasatlantas, AKP Imam Mustolih Gercep Masifkan Sosialisasi Prokes

Polres Trenggalek – Hari pertama menjabat sebagai Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si., langsung tancap gas menggelar konsolidasi dan pemetaan masalah bidang kelalulintasan, termasuk pelibatan jajaran Satlantas dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek. Sabtu (3/10).

Tak mau berpangku tangan, perwira pertama alumni Akpol tahun 2008 ini menginstruksikan jajarannya untuk turut ambil bagian mengkampanyekan disiplin protokol kesehatan dengan menggandeng komunitas pengemudi.

Metode kampanye yang diterapkan pun terbilang unik. Bagaimana tidak, petugas Polantas bersama pengemudi menempelkan stiker bertuliskan `Ayo Pakai Masker` berukuran relatif cukup besar berwarna mencolok sehingga mudah terbaca bahkan disaat kendaraan sedang berjalan sekalipun.

AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si., menuturkan, ide menggandeng para komunitas pengemudi tersebut berawal dari mobilitas kendaraan yang terbilang cukup tinggi. Tidak hanya di seputaran Trenggalek, bahkan kendaraan truk saat membawa muatan ekonomis berupa sayur mayur maupun logistik lainnya bisa menjangkau lintas kota atau provinsi.

Demikian pula kendaraan umum seperti MPU dan bus dimana trayek yang dilalui adalah lintas kecamatan dan kota. Tak hanya itu, kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua pun tak luput dari perhatian jajaran Satlantas.

“Kami mencoba menggugah partisipasi dari para pengemudi untuk turut serta membantu mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan. Setidaknya dimulai dari para pengemudi itu sendiri dengan wajib memakai masker dan menyediakan hand sanitizer serta menjaga jarak aman antar penumpang.” Jelasnya

Dengan program ini pihaknya juga mendorong agar para pengemudi ini menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas sekaligus teladan adaptasi kebiasaan baru, yakni dengan cara mematuhi protokol kesehatan.

“Hari ini kegiatan kami laksanakan di seputaran kota Trenggalek, kemudian jalan Raya Durenan dan Bendungan. Sampai saat ini sudah hampir seribu stiker sudah kami bagikan kepada pengemudi.” Imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan kampanye masif ini efektif meningkatkan kesadaran warga untuk mengenakan masker saat beraktivitas dan tentunya dapat menekan angka covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

Seperti diketahui bersama, dalam rangka mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19, pemerintah telah menerbitkan beberapa regulasi untuk meningkatkan disiplin masyarakat mematuhi protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 diantaranya Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020, Pergub Jatim nomor 53 tahun 2020 dan Perda Kabupaten Trenggalek nomor 31 tahun 2020.