Jalankan Prokes Ketat, AKP Suyono Apresiasi Pengelola WTL

Polres Trenggalek – Kampung Tangguh Semeru sebagai salah satu program percepatan penanganan penyebaran Covid-19 terus diberdayakan secara maksimal. Konsep pencegahan berbasis komunitas dan kawasan ini dinilai cukup efektif menangkal laju penularan Covid-19 khususnya di Kabupaten Trenggalek.

Guna memastikan mekanisme yang dijalankan sesuai dengan standar protokol kesehatan, Polres Trenggalek bersinergi bersama dinas kesehatan dan Puskesmas menggelar asistensi di kawasan wisata tangguh semeru tepatnya di Wisata Tebing Linggo (WTL) yang berada di Desa Nglebo Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek. Minggu, (4/10).

Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum. yang kebetulan memimpin langsung kegiatan tersebut menerangkan, di masa adaptasi kebiasaan baru beberapa lokasi wisata di Kabupaten Trenggalek mulai dibuka kembali. Salah satunya adalah Wisata Tebing Linggo.

Kendati demikian, mengingat masa pandemi Covid-19 belum berakhir maka seluruh proses pelayanan wisata harus tetap memperhatikan dan menerapkan disiplin protokol kesehatan secara ketat.

Tidak hanya bagi pengunjung, pengelola pun berkewajiban menyiapkan sarana prasarana penunjang seperti penyediaan tempat cucui tangan atau handsanitizer serta mengatur jarak tempat duduk dan berani menegur para pengunjungan yang melanggar protokol kesehatan.

“Peran pengelola wisata sangat penting dalam penerapan protokol kesehatan ini. Oleh sebab itu kami bersama dengan stakeholder lainnya melakukan aksistensi untuk memastikan bahwa WTL benar-benar menjalankan komitmennya menerapkan.” Ujar AKP Suyono.

Masih kata AKP Suyono, sebagai pioner Wisata Tangguh Semeru, keberadaan WTL dinilai cukup produktif, mampu mengangkat dan menggerakkan roda ekonomi dengan mengangkat kearifan lokal maupun hasil bumi masyarakat setempat. Keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi ini tidak bisa dipisahkan begitu saja. Keduanya bisa berjalan beriringan.

“Masyarakat tetap produktif dengan syarat wajib menerapkan protokol kesehatan.” Imbuhnya.

Dalam asistensi tersebut, AKP Suyono juga berinteraksi langsung dengan sejumlah pengelola WTL dan pengunjung untuk mengetahui secara pasti penerapan protokol kesehatan. Pihaknya juga menyerahkan bantuan berupa alat semprot disinfektan, handsanitizer dan sepatu lapangan.

“Alhamdulillah, dari keseluruhan asistensi, Wisata Tebing Linggo kami nilai sudah cukup proaktif dan sudah menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Sarana prasarana penunjang juga sudah terpenuhi. Saya harap hal ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan sehingga WTL bisa menjadi pilot project wisata yang aman, tangguh dan sehat.” Pungkasnya.