Polres Trenggalek Bersama Tim Covid-19 Hunter Gencarkan Edukasi dan Penertiban Prokes

Polres Trenggalek – Sejumlah warga terpaksa harus dikenai sanksi tegas lantaran tak patuh protokol kesehatan. Hal tersebut diketahui saat petugas gabungan dari Polres Trenggalek, Kodim 0806 dan Satpol PP menggelar penertiban dan operasi yustisi di seputaran lokasi wisata hutan kota dan bukit Ja`as Trenggalek. Minggu (4/10).

Warga yang mengenakan masker tersebut dikenakan sanksi sosial berupa mengenakan rompi orange dan menyapu dan membersihkan sampah disepuatarn lokasi tersebut. Tak hanya itu, beberapa lainnya diminta mengucapkan teks Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan, penertiban sekaligus operasi yustisi ini digelar dalam rangka meningkatkan disiplin protokol kesehatan masyarakat guna menekan angka penularan virus corona di Kabupaten Trenggalek.

Meskipun sosialisasi masif telah dilakukan, namun masih saja ditemukan warga yang enggan mengenakan masker sebagai alat keamanan diri. Menurut AKBP Doni, Penggunaan masker, cuci tangan dan menjaga jarak aman haruslah menjadi budaya baru agar masyarakat terhindar dari Covid-19.

“Hal inilah yang terus kita gelorakan. Kesadaran dari diri sendiri untuk mematuhi protokol kesehatan. Bukan karena takut karena ada petugas.” Ujar AKBP Doni.

“Maskermu melindungiku, maskerku melindungimu.” Imbuhnya

Secara nasional, lanjut AKBP Doni angka terkonfirmasi Covid-19 di Jawa Timur mengalami penurunan selaras dengan angka kesembuhan yang juga tinggi dan terus bertambah. Sementara untuk Kabupaten Trenggalek saat ini telah masuk zona Kuning dengan tingat risiko rendah. Kondisi ini perlu terus ditingkatkan guna menuju zona hijau.

“Dengan upaya yang telah kita lakukan, kita optimis Treggalek bisa bebas dari Covid-19. Tentunya dengan dukungan dan komitmen kuat dari seluruh pihak termasuk elemen masyarakat dengan cara mematuhi protokol kesehatan.” Ucap orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini.