Cegah Covid-19, Warung Tangguh Semeru di Trenggalek Terus Bertambah

Polres Trenggalek – Keberadaan Warung tangguh Semeru di Kabupaten Trenggalek terus bertambah. Warung tangguh semeru ini merupakan pengembangan dari program Kampung Tangguh Semeru yang digagas oleh Kapolda Jatim Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Mohammad Fadil Imran, S.I.K., M.Si. dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Dikonfirmasi terpisah Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. menuturkan, warung tangguh semeru adalah terobosan baru yang dirintis oleh jajaran Polres Trenggalek sekaligus upaya menggerakkan roda ekonomi masyarakat namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Berbagai langkah kita lakukan agar masyarakat tetap bisa produktif ditengah pandemi Covid-19 dengan catatan melaksanakan disiplin protokol kesehatan dan itu harus diawasi. Jika melanggar tentu ada sanksi” Tutur AKBP Doni.

Sementara itu, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum. mengatakan konsep kerja Warung Tangguh Semeru adalah pencegahan berbasis komunitas dan kawasan. Artinya, didalam lingkungan warung atau rumah makan harus benar-benar menjalankan protokol kesehatan sesuai SOP. Hal tersebut berlaku bagi pengelola juga para pengunjung.

“Hari ini kami melakukan sosialisasi dan asistensi di sejumlah warung dan rumah makan di Trenggalek diantaranya Mekar Sari, Ayam Goreng Yogyakarta, sate kambing Roso Lego, Depot Kencana, dan Soto Dok ‘Cak Ji’ khas Lamongan Jarakan Trenggalek.” Jelas AKP Suyono.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya mengecek sarana prasarana protokol kesehatan serta mensosialisasikan cara efektif pencegahan Covid-19 sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

AKP Suyono juga meminta agar para karyawan dan pengunjung wajib menggunakan masker, menjaga jarak aman, menyediakan sekat di antara meja, pemeriksaan kesehatan minimal pengecekan suhu tubuh yang dilakukan terhadap siapapun yang memasuki area rumah makan.

Disamping itu, pengelola wajib menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan tisu sekali pakai ditempat strategis. Bila ada karyawan yang sakit segera diperiksakan ke rumah sakit dan dilarang masuk kerja untuk sementara waktu.

Selain itu lanjut AKP Suyono, pengelola rumah makan juga bisa memberikan edukasi kepada para pengunjung tentang bagaimana mencegah penularan Covid-19 melalui 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

“Warung Tangguh Semeru ini akan terus kita kembangkan lagi. Jika memungkinkan sampai pada tingkat kecamatan dan desa.” Pungkasnya

Sebagai informasi, beberapa hari sebelumnya Polres Trenggalek telah merintis sedikitnya 3 warung tangguh semeru, sehingga total hingga hari ini terdapat 8 warung tangguh semeru di Trenggalek.