Bersama Kasatlantas Polres Trenggalek, Kapolsek Watulimo Kunjungi Syahbandar PPN Prigi

Polres Trenggalek – Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suraji, S.H., M.H bersama Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si dan sejumlah anggotanya berkunjung ke kantor TNI AL Lanal Malang Posmat Prigi dan Basarnas di Syahbandar Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Selasa (6/10)

Kehadiran jajaran Kepolisian ini disambut langsung oleh sejumlah piket dari TNI AL, Satpolairud Polda Jatim BKO Polres Trenggalek dan Basarnas yang selalu standby di pangkalan Syahbandar PPN Prigi Watulimo.

AKP Suraji menuturkan, kedatangannya di kantor Syahbandar tersebut dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus membangun sinergitas dan kerjasama yang baik serta meninjau kesiapan khususnya dalam penanganan bencana alam.

“Saat ini sudah memasuki musim hujan, beberapa daerah bahkan sudah mengalami musibah banjir dan tanah longsor. Dengan komunikasi ini diharapkan penanganan bencana alam khususnya di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek bisa lebih optimal.” Ujar AKP Suraji.

Lebih lanjut AKP Suraji menegaskan, sebagaimana apa yang telah disampaikan oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si bahwasanya Polres Trenggalek telah menyiagakan satu peleton yang tergabung dalam Satgas Bencana berikut perlatan yang bisa mendukung operasional Basarnas jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Satgas inti ada 1 peleton, ditambah kompi cadangan yang bisa digerakkan seaktu-waktu” jelasnya

Sekedar diketahui, wilayah kabupaten Trenggalek yang didominasi pegunungan memang sangat rentan terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Demikian pula dengan keberadaan sungai yang jika intensitas hujan lebat sering kali tidak mampu menampung volume air. Akibatnya, banjir dan genangan air terjadi dimana-mana, bahkan masuk kedalam rumah penduduk.

Disamping itu, Kabupaten Trenggalek yang merupakan wilayah pesisir selatan Jawa Timur ini memiliki wilayah perairan sehingga diperlukan kekuatan perbantuan dalam rangka antisipasi kejadian laka laut maupun korban tenggelam. Oleh karena itu, koordinasi lintas instansi dalam rangka penanganan bencana alam ini dirasa sangat penting agar penanganan bisa lebih komprehensif.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolsek Watulimo dan Kasatlantas Polres Trenggalek juga berkesempatan meninjau peralatan atau sarana prasarana yang dimiliki oleh TNI AL, Satpolairud Polda Jatim BKO Polres Trenggalek serta Basarnas mulai dari peralatan water resque hingga alat berat dan simulasi singkat evakuasi bencana.

“Peralatan lengkap dan siap pakai semua.” Ucap AKP Suraji

“Koordinasi akan terus kita bangun dan kami siap membantu, baik personel maupun peralatan yang kami miliki.” Pungkasnya.