Petugas Gabungan Kembali Tindak Tegas Pelanggar Prokes

Polres Trenggalek – Penertiban Prokes dan operasi yustisi dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 digelar hampir setiap hari. Disi yang lain, petugas Kepolisian bersama instansi terkait lainnya tak pernah lelah memberikan edukasi dan sosialisasi atau kampanye disiplin Prokes kepada khalayak. Namun, masih saja ditemukan warga yang enggan mengenakan masker.

Hal ini terlihat saat digelar penertiban protokol kesehatan oleh tim gabungan dari Polres Trenggalek, Kodim 0806 dan Satpol PP di Jalan Raya Trenggalek-Ponorogo tepatnya disimpang empat traffic light sumber. Sejumlah warga yang tak mengenakan masker menerima sanksi dari petugas. Rabu, (7/10).

Dalam penertiban yang digelar stationer tersebut, petugas gabungan menghentikan setiap kendaraan yang melintas untuk kemudian diperiksa suhu tubuh dan memastikan mematuhi protokol kesehatan.

Jika tidak, siap-siap saja, petugas langsung mendata identitas dan memberikan sanksi tegas, dari teguran tertulis, sanksi sosial seperti menyapu, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, mengucapkan teks Pancasila hingga denda dengan mengikuti sidang ditempat yang gelar virtual.

Pihak Kepolisian menyatakan bahwa kegiatan penertiban ini akan terus dilakukan untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan masyarakat. Selain itu, untuk membiasakan diri mematuhi protokol kesehatan sehingga menjadi sebuah budaya baru guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

Seperti diketahui bersama, Kabupaten Trenggalek saat ini masuk dalam zona kuning dengan tingkat risiko rendah. Hal ini tidak bisa muncul begitu saja tetapi berkat patisipasi dan komitmen kuat dari masyarakat bersama dengan aparatur pemerintah.

Diharapkan dengan penertiban dan operasi yustisi ini, akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjadikan Kabupaten Trenggalek masuk zona hijau dan bebas dari penularan virus berbahaya tersebut.