Implementasikan Trenggalek Mantap, Polisi Gelar Pelatihan Komunikasi Pelayanan Publik

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek kembali menggelar Pelatihan Etika Komunikasi Pelayanan Publik seeson kedua yang dilaksanakan di Rupatama Mapolres Trenggalek. Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari pelatihan serupa yang digelar sebelumnya. Sabtu, (17/10).

“Iya benar. Untuk pelatihan hari ini diikuti oleh Satuan, Bagian dan Polsek jajaran terkait dengan pelayanan publik seperti SPKT, SKCK, SIM, SP2HP hingga besuk tahanan.” Ungkap Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si.

Pihaknya menegaskan bahwa indikator kualitas pelayanan publik tidak hanya berkisar pada pemenuhan standar sarana dan prasarana yang memadai maupun inovasi yang berbasis IT, melainkan juga sumber daya manusia yang mengawakinya.

“Salah satu concern kita adalah bagaimana mewujudkan pelayanan prima yang ramah, lugas, cepat namun menyentuh substansi dari pelayanan yang diberikan itu sendiri.” Jelas AKBP Doni

Lebih lanjut AKBP Doni mengatakan, pelatihan semacam ini sangat penting dimana petugas Kepolisian yang selama ini dikenal tegas dan disiplin harus memiliki kompetensi dasar terakit dengan pelayanan publik yang tentunya didukung dengan kemampuan komunikasi yang baik pula sehingga masyarakat selaku subjek pelayanan dapat memahami dan puas atas pelayanan atau penjelasan yang diberikan.

“Tidak hanya bersifat teoritis belaka tetapi juga praktek secara langsung bagaimana memberikan pelayanan yang baik dan ramah atau cara menjawab pertanyaan maupun komplin dari masyarakat” Ucapnya.

“Dalam pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat.” Imbuhnya.

Masih kata AKBP Doni, agar lebih efektif, pihaknya sengaja menggandeng BRI Cabang Trenggalek yang memang sudah berpengalaman dibidang etika komunikasi khususnya dalam hal pelayanan publik. Selain itu dengan pelatihan tersebut diharapkan menjadi salah satu jalan untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).