Tingkatkan Pencegahan Penyebaran Covid-19, Sangsi Denda Diberlakukan Bagi Pelanggar

Polres Trenggalek – Guna mengoptimalkan tingkat kesadaran dan kedisiplinan warga terkait kewajiban penggunaan masker, siang ini Kepolisian di Kabupaten Trenggalek serentak melaksanakan operasi yustisi protokol kesehatan.

Tak terkecuali di wilayah Kecamatan Karangan, upaya penegakan hukum guna mendisiplinkan masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Trenggalek Kompol Sopiyan. S.Sos. Serta Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki S.H. selaku pengendali wilayah Kecamatan Karangan. Sabtu (17/10/20)

Melibatkan petugas gabungan yang terdiri dari personel Lalulintas, Sabhara Trenggalek, juga Polsek Karangan, Koramil Karangan, Satpol PP Kab Trenggalek, serta Dishub Trenggalek. kegiatan penertiban ini pun dipusatkan di lokasi Pasar Wage Karangan.

Kapolsek Karangan, AKP Tri Basuki, dalam kegiatan tersebut menegaskan, operasi yustisi digelar sebagai tindak lanjut dari Inpres Nomor 6 Tahun 2020, Perda Jatim Nomor 2 Tahun 2020, Pergub Jatim Nomor 53 Tahun 2020, dan Perbup Trenggalek Nomor 31 Tahun 2020.

Sementara itu, dari hasil penertiban tersebut terdapat enam belas pelanggar yang tidak memakai masker dan sudah diberikan sanksi berupa teguran tertulis, membayar denda tilang, ada juga yang diberi Sangsi, menghapalkan butir- butir Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya serta diberikan masker untuk langsung dipakai,” ungkapnya

Lebih lanjut Kapolsek Karangan AKP, Tri Basuki, S.H., menyampaikan bahwa, Kegiatan Penegakan hukum penerapan disiplin Protokol Kesehatan siang ini dengan metode stationer, system itu tetap mengedepankan pola persuasif dan humanis dengan sasaran masyarakat tidak memakai masker selanjutnya bagi warga yang melanggar akan dikenakan sanksi.

“Lewat kegiatan ini kami berharap masyarakat agar bisa lebih peduli kepada imbauan pemerintah guna mengantisipasi serta memutus mata rantai penyebaran virus corona, mengingat saat ini penyebarannya masih terus meningkat” pungkas AKP Tri Basuki.