Ciptakan Kamtibselcarlantas di Tengah Pendemi, Ini Langkah Satlantas Trenggalek

Polres Trenggalek – Budaya tertib dan disiplin berlalu lintas merupakan salah satu faktor penentu bagi terwujudnya Kamtibselcarlantas kondusif. Dimasa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, para pengendara maupun pengguna jalan tidak hanya dituntut tertib tetapi juga mematuhi protokol kesehatan.

Guna mewujudkan hal tersebut, Satlantas Polres Trenggalek secara konsisten menggelar `Lantas Tertib Tangguh Semeru`, yakni sebuah program bidang kelalulintasan yang fokus pada 2D. Disiplin berlalu lintas dan Disiplin Protokol Kesehatan.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. menegaskan, `Lantas Tertib Tangguh Semeru` merupakan strategi persuasif humanis dengan mengkombinasikan antara tugas pokok Satlantas dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kegiatan yang dilakukan berupa razia stationer maupun hunting system. Sasaran adalah para pengendara lalu lintas baik roda dua maupun roda empat terkait dengan kelengkapan dan keamanan berkendara disamping kewajiban mematuhi protokol kesehatan” Jelas AKP Imam.

AKP Imam menambahkan tujuan mendasar dari Lantas Tertib Tangguh Semeru adalah menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sekaligus menggugah kesadaran masyarakat tentang arti penting mematuhi protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Disamping tindakan tegas bagi pelanggar lalu lintas, pada saat yang sama petugas akan memberikan edukasi berbagai hal terkait dengan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman. Termasuk pada saat berkendara” Imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, petugas juga menempelkan stiker `Ayo Pakai Masker` pada setiap kendaraan khususnya angkutan umum dan barang sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian komunitas pengemudi mendukung kampanye protokol kesehatan.