Pastikan Jemaah Patuh Prokes, Ini yang Dilakukan Satlantas Trenggalek

Polres Trenggalek – Seperti biasa, setiap hari Jumat, sejumlah petugas Kepolisian melakukan pengamanan di beberapa masjid. Pengamanan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada jemaah yang akan menunuaikan ibadah Salat Jum`at.

Sedikit berbeda, selain melakukan pengaturan dan pengawasan lokasi parkir untuk mencegah pencurian dan tindak kriminal lainnya, beberapa orang petugas yang merupakan personel dari Satlantas Polres Trenggalek ini nampak membagikan masker kepada setiap jemaah. Jumat, (12/2).

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.si. mengatakan, pembagian masker tersebut merupakan bagian dari upaya jajarannya dalam mendukung percepatan penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

“Saat ini Kabupaten Trenggalek masih menerapkan PPKM Mikro dimana salah satu point diantaranya adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat. Oleh sebab itu kita ambil langkah ansipatif dengan membagikan masker gratis kepada jemaah.” Ujar Jelas AKP Imam.

AKP Imam menambahkan, sebagian besar jemaah terpantau sudah menggunakan masker. Meskipun masih saja ditemukan beberapa warga yang abai atau memakai masker tetapi tidak dengan cara yang benar seperti tidak menutup hidung atau bahkan hanya menempel di dagu.

Petugas pun kemudian menyampaikan edukasi dengan bahasa yang santun dan humanis bahwa masker adalah salah satu alat pelindung diri dari paparan Covid-19.

“Ada 250 masker yang kita siapkan dan bagikan di beberapa masjid di seputaran kota Trenggalek.” Imbuhnya.

Masih kata AKP Imam, walapun status kabupaten Trenggalek sudah beralih ke zona oranye bukan berarti pengawasan protokol kesehatan menjadi kendor. Sebaliknya, pengetatan protokol kesehatan lebih gencar dilakukan agar bisa segera beralih ke zona kuning atau hijau.

“Kami ajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama bergotong royong memerangi penyebaran Covid-19 dengan cara melakukan 5M. memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Saya yakin dan percaya bersama kita bisa” Pungkasnya.