Keseruan di Sekolah Saat Polisi Isi MPLS di Trenggalek

oleh -36 views

Polres Trenggalek – Jajaran kepolisian turut ambil bagian mengisi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di berbagai sekolah menengah yang ada di Kabupaten Trenggalek. Mulai dari tingkat Polres, Polsek jajaran hingga Bhabinkamtibmas diterjunkan. Selasa, (19/7).

Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, S.H. menuturkan, masa libur sekolah telah usai. Pelajar atau siswa mulai kembali masuk sekolah sejak hari Senin kemarin. Memasuki semester awal, seperti biasa sekolah menggelar MPLS khusus bagi siswa baru.

“Jauh hari sebelumnya, Satbinmas maupun masing-masing Polsek sudah melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pohak sekolah. Nah, dalam MPLS tersebut salah satu pemateri diambilkan dari kepolsian.” Ujar Iptu Suswanto.

“Sasaran utamanya adalah sekolah menengah baik SMP maupun SMA di Kabupaten Trenggalek.” Imbuhnya.

Lebih lanjut Iptu Suswanto menerangkan, kehadiran polisi di sekolah tersebut tidak sebatas menggugah semangat dan memberikan motivasi agar giat belajar, namun lebih dari itu ada beberapa materi yang diberikan menyangkut tugas-tugas pokok kepolisian.

Sejumlah materi yang disampaikan dalam MPLS tersebut diantaranya adalah wawasan kebangsaan terkait dengan hak dan kewajiban sebagai warga negara, pengetahuan hukum, pencegahan penyalahgunaan Narkoba hingga kenakalan remaja.

Mengingat peserta merupakan siswa baru dimana merupakan masa transisi dari SD ke SMP maupun SMP ke SMA, metode pembelajaran yang diterapkankan pun menyesuaikan dengan karakter dan usia pelajar itu sendiri.

“Dalam penyampaian materi lebih banyak menggunakan contoh peristiwa yang sering terjadi disekitar kita dan memanfaatkan media pembelajara berupa audio visual. Jadi mereka bisa lebih mudah memahami.” Pungkasnya.