Kapolres Trenggalek Apresiasi Terobosan `Sulingmas` Polsek Watulimo

oleh -39 views

Polres Trenggalek – Polsek satu ini seolah tak pernah kehabisan ide untuk menggelontorkan terobosan kreatif dalam pengelolaan Kamtibmas kondusif di wilayahnya.

Sebelumnya, Polsek Watulimo sukses menggelar sejumlah program unggulan diantaranya, Padang Pasir (Patroli Ledang Pantau Pesisir), Besan Sim (Belajar Sebelum Ujian Sim), Makosimas (Taman Komunikasi Sahabat Kamtibmas) dan Gentaratu (Gerakan Tanam Rawat Unduh), kini Polsek yang berada di pesisir Kabupaten Trenggalek ini meluncurkan Sulingmas atau Subuh Keliling Jaga Kamtibmas.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. menegaskan pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh jajaran Polsek Watulimo tersebut. Tak tanggung-tanggung, pihaknya bahkan mengganjar penghargaan atas kreativitas dan inovasi tersebut.

“Apresiasi untuk jajaran Polsek Watulimo. Hal Ini bisa menjadi inspirasi bagi Polsek jajaran lainnya untuk selalu mengembangkan diri dan berinovasi sehingga pelayanan kepolisian dan Harkamtibmas bisa lebih optimal.” Tegasnya.

AKBP Alith menuturkan, di era 4.0. saat ini, tuntutan masyarakat semakin kompleks. Sebagai anggota Polri harus mampu menjawab tantangan tersebut, salah satunya dengan menelurkan ide-ide kreatif yang langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat.

“Inovasi harus bisa menjawab tantangan dan harapan masyarakat.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Watulimo AKP Suyono, S.H., M.Hum. mengatakan, ide sulingmas itu sendiri berangkat dari permasalahan bahwa jam-jam rawan gangguan Kamtibmas sering kali terjadi pada tengah malam hingga subuh dini hari.

Oleh sebab itu, petugas akan berpatroli keliling pemukiman hingga ke kampung-kampung pada jam-jam rawan tersebut dan ditutup dengan ibadah salat Subuh berjamaah dengan masyarakat di masjid-masjid yang tersebar di Watulimo.

“Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Selain Kamtibmas lebih terjaga, komunikasi dan silaturahmi dengan masyarakat pada saat salat subuh akan terjalin lebih baik sehingga harmonisasi dan kedekatan antara kepolisian dengan masyarakat menjadi lebih erat. Juga bisa dimanfaatkan sebagai media sosialisasi menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.” Ujarnya.

Disinggung tentang personel yang mengawaki Sulingmas ini, AKP Suyono mengatakan, Sulingmas ini digelar setiap hari. Personel yang dilibatkan merupakan petugas gabungan dari unit yang melaksanakan piket pada hari itu.

“Khusus pada kondisi kontijensi, bisa kita tambahkan personel dari yang siaga di Mako.” Imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan berbagai program unggulan tersebut mampu menekan gangguan Kamtibmas maupun kriminalitas serta keamanan di wilayah Watulimo senantiasa kondusif.