Dorong Peran Aktif Masyarakat dalam Kamtibmas, Polres Trenggalek Gandeng LSM

oleh -22 views

Polres Trenggalek – Dalam menjalankan tugasnya sebagai pelindung, pengayom, pelayan dan penegak hukum, Polri tidak bisa bekerja sendiri. Dibutuhkan dukungan dan peran serta semua pihak. Tak terkecuali organisasi masyarakat (Ormas) maupun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Menyikapi hal tersebut, Kepolisian Resor Trenggalek berkolaborasi dengan LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) menggelar diskusi publik dengan tema Sinergitas Polres Trenggalek dengan LSM yang diselenggarakan di Hall Hotel Jaas Permai, Kabupaten Trenggalek. Sabtu, (6/8).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alrino, S.I.K. yang kebetulan turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, peran LSM tidak hanya sebatas fungsi kontrol tetapi juga inisiator sekaligus kontributor bagi pembangunan nasional disegala bidang.

Demikian pula pada aspek keamanan. LSM dapat berjalan beriringan dengan jajaran Kepolisian untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas yang kondusif, mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta mendorong tegaknya hukum yang berkeadilan.

“Oleh sebab itu, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi sangat diperlukan. Saya yakin dan percaya, dengan sinergitas dan harmonisasi yang telah terjalin baik hal tersebut dapat tercapai.” Ujar AKBP Alith.

Dalam kesempatan tersebut AKBP Alith juga memaparkan tentang dinamika dan kondisi Kamtibmas yang ada di Kabupaten Trenggalek serta berbagai langkah strategis yang telah dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat.

Lebih lanjut AKBP Alith menuturkan, proses tidak akan mengkhianati hasil. Dalam artian, jika sinergitas ini benar-benar dijalankan dengan baik, maka pengelolaan Kamtibmas yang kondusifpun akan lebih optimal sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

Sementara itu, Gubernur LIRA Provinsi Jatim Bambang Asraf Saputro berharap agar hasil dari kegiatan ini tidak hanya berhenti pada tataran diskusi semata tetapi juga perlu langkah kongkrit dilapangan. Menurutnya, sebuah mesin tidak bisa bergerak tanpa ada rangkaian atau sistem yang saling berkaitan.

“Kami siap bersama jajaran kepolisian khususnya Polres Trenggalek untuk mendukung terciptanya kondusifitas keamanan di Trenggalek.” Ujarnya.