Serunya Diskusi Interaktif Peringatan HUT ke-74 Polwan di Trenggalek

oleh -50 views

Polres Trenggalek – Sejumlah Polisi Wanita (Polwan) yang merupakan anggota Polres Trenggalek bertandang ke salah satu sekolah tepatnya di MtsN 1 Trenggalek. Kunjungan para Polwan ini merupakan rangkaian dari kegiatan menyambut HUT ke-74 Polwan RI yang diperingati setiap tanggal 1 September mendatang. Senin, (8/8).

Rombongan Polwan yang dipimpin langsung oleh Kompol ST Nurinsana Natsir ini disambut hangat oleh Kepala Sekolah Drs. Jamaludin Malik, M.A. didampingi oleh sejumlah tenaga pendidik dan siswa siswi MtsN 1 Trenggalek.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. mengungkapkan, dalam rangka menyambut Hari jadi Polwan, Polres Trenggalek menggelar berbagai kegiatan yang bersifat sosial. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian serta untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

“iya betul. Salah satunya adalah Polwan Goes to School. Polwan datang ke sekolah, menyapa dan berinteraksi dengan para siswa. Bukan itu saja, para Polwan ini juga memberikan pembekalan atau materi tertang berbagai hal terkait dengan tugas dan peran Polwan dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif.“ Ujar AKBP Alith.

Lebih lanjut AKBP Alith menambahkan, paradikma saat ini memberikan ruang yang luas kepada para Polwan untuk menunjukkan eksistensinya. Polwan yang dulu dikenal hanya berkutat dibelakang meja, sekarang tidak lagi. Polwan juga diberikan kesempatan memegang jabatang strategis. Bahkan beberapa diantaranya menyandang pangkat perwira tinggi.

Sementara itu, Kompol ST Nurinsana Natsir yang juga menjabat sebagai Kabagren Polres Trenggalek dalam kesempatan tersebut memaparkan tentang peran serta pelajar dalam memerangi Hoax di media sosial.

Menurutnya, saat ini hampir bisa dipastikan setiap anak usia pelajar telah memiliki smartphone serta akun media sosial seperti facebook, Instagram dan lain-lain. Keberadaan media sosial dalam satu sisi sangat membantu dalam berkomunikasi maupun menyalurkan minat, bakat dan bentuk ekspresi lainnya.

“Namun disisi yang lain juga memiliki pengaruh negatif terutama bagi mereka yang merasa bisa bebas dalam berkomentar maupun menggunggah sesuatu yang bermuatan hoax, ujaran kebencian maupun Sara. Ini yang harus kita tanamkan kepada anak-anak agar terhindar dari perbuatan yang melanggar peraturan perundang-undangan.” Ujarnya.

Pihaknya mengingatkan bahwa jejak digital adalah abadi. Oleh sebab itu harus cermat dan berhati-hari saat mengomentari atau menggunggah sebuah konten yang berpotensi bisa terjerat sebagaimana diatur dalam undang-undang ITE.

“Ingat Saring sebelum sharing.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kanitregident Satlantas Iptu Sri Untari, S.H. yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan pembekalan kepada siswa terkait dengan etika dan tertib berlalu lintas.

Dalam kesempatan tersebut, perwira pertama yang kerap disapa Tari ini menjelaskan bahwa pelajar sebagai penerus bangsa harus mampu menjadi agen perubahan. Salah satunya dengan menjadi pelopor gerakan tertib berlalu lintas yang dimulai dari diri sendiri.

“Tertib berlalu lintas merupakan cermin dari keberadapan. Taati peraturan lalu lintas, kedepankan keselamatan. Tidak saja untuk diri sendiri tetapi juga orang lain.” Ucapnya.

Masih kata Iptu Tari, kegiatan Polwan goes to school ini merupakan salah satu upaya Polres Trenggalek untuk berperan aktif memberikan perlindungan kepada anak-anak sehingga menjadi generasi yang cerdas, berakhlak mulia, memiliki karakter kebangsaan yang kuat, patuh hukum dan yang tak kalah pentingnya adalah generasi yang memiliki budaya tertib berlalu lintas.

Selain diskusi yang dikemas interaktif, dalam acara ini juga dibagikan berbagai hadiah menarik bagi para siswa yang aktif dan bisa menjawab berbagai kuis yang dilontarkan oleh para Polwan. Alhasil, acara pun berlangsung meriah dan menyenangkan dan tentunya para siswa pun juga mendapat ilmu pengetahuan baru.

“Semoga langkah kecil kami ini bisa membawa dampak dan perubahan positif bagi para pelajar untuk menyongsong masa depan mereka yang lebih baik.” Pungkasnya.