Saat Para Pengguna Jalan di Trenggalek Hormat Bendera Merah Putih

oleh -71 views

Polres Trenggalek – Kecintaan kepada tanah air maupun jiwa naisonalisme masyarakat Indonesia memang tak perlu di tanyakan lagi. Terlebih di hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia yang jatuh tepat hari ini tanggal 17 Agustus 2022. Tak terkecuali masyarakat Kabupaten Trenggalek.

Tepat pada peringatan detik-detik proklamasi pukul 10.17 Wib seluruh aktivitas masyarakat dihentikan sejenak dan berdiri dengan sikap sempurna selama tiga menit. Bukan itu saja, seluruh kendaraan yang melintas juga dihentikan oleh petugas. Rabu, (17/8).

Dari pantauan tim redaksi, di sejumlah simpang jalan di kota Trenggalek, petugas kepolisian nampak menghentikan seluruh kendaraan dan memimpin langsung penghormatan detik-detik proklamasi.

Bahkan sebagian pengendara terlihat berdiri disamping kendaraan masing-masing dan mengambil sikap sempurna dan mengangkat tangan tanda hormat saat lagu kebangsaan RI Indonesia raya diputar melalui pengeras suara yang telah disiapkan.

Sementara pada lokasi lain seperti alun-alun, pasar maupun pusat perbelanjaan, petugas kepolisian menyalakan sirine melalui kendaraan patrol.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. mengungkapkan, hal tersebut merupakan wujud nyata sekaligus menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Trenggalek memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi.

“Perjuangan kita hari ini mungkin berbeda. Namun yang tak boleh hilang adalah nasionalisme dan kecintaan kita kepada bangsa dan negara.” Imbuhnya.

Pihaknya menuturkan, peringatan hari kemerdekaan tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk menggugah semangat persatuan dan kebersamaan setelah dua tahun berjuang melawan wabah Covid-19 yang melanda Indonesia selaras dengan tema HUT ke-77 Republik Indonesia yakni `Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat`.

“Kemenangan akan terwujud dengan kebersamaan. Dirgahayu Republik Indonesia.” Ucap AKBP Alith.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Meita Anisa Saputra, S.I.K., M.H., M.Si. menuturkan, untuk mendukung kegiatan tersebut pihaknya menerjunkan seluruh perkuatan unit patroli dan disebar di berbagai simpang jalan di seputaran kota Trenggalek antara lain di Simpang tiga Pos 9.0 Widowati Jalan Sukarno-Hatta Trenggalek, Simpang empat Pasar Pon dan Simpang Tiga Alun-alun Trenggalek.

“Kita ajak masyarakat untuk menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna selama tiga menit.” Ujar AKP Meita.

Lebih lanjut AKP Meita mengatakan, penghormatan detik-detik proklamasi ini merupakan salah satu cara menghargai jasa para pahlawan maupun para founding father yang telah berjuang dan mengorbankan jiwa dan raga untuk kedulatan Indonesia dan tegaknya sang merah putih.

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga membagikan bendera kecil kepada seluruh pengendara dan sembako bagi warga tak mampu.