Hari Jadi ke-828, Kapolres Trenggalek Ikuti Prosesi Ziarah Makam Leluhur

oleh -70 views

Polres Trenggalek – Salah satu tradisi dalam peringatan Hari Jadi ke-828 Kabupaten Trenggalek adalah kirab pusaka dan ziarah makam leluhur. Rangkaian kegiatan peringatan hari jadi tahun ini terkesan lebih meriah dibandingkan beberapa tahun sebelumnya dimana Covid-19 masih melanda Indonesia.

Ziarah makam leluhur tersebut digelar dibeberapa lokasi antara lain, Makam Mbah Kawak yang berada di setono Kelurahan Ngantru, Makam Bupati pertama di Setono Gedong, Makam Adipati Menak Sopal di komplek pemakaman Bagong, Makam Kanjeng Jimat di Margo Ayu Desa Ngulankulon Kecamatan Pogalan dan Makam Bupati Trenggalek KRT. Widjojo Koesoemo di Astono Girimulyo Desa Sumber Kecamatan Karangan. Selasa, (30/8).

Sedangkan prosesi kirap pusaka digelar di balai Desa Kamulan Kecamatan Durenan yang diawali dengan atur pasrah dan tinampi Pusaka yang diserahkan oleh penderek pusaka dan diterima Kepala Desa Kamulan.

Sejumlah pusaka tersebut antara lain, sepasang tombak koro welang, payung songsong tunggul nogo, payung songsong tunggul Wibowo, panji lambang Kabupaten Trenggalek, parasamya purna karya nugraha dan prasasti sendang kamulyan.

Dihubungi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. yang kebetulan turut hadir dalam ziarah makam leluhur tersebut menuturkan, pihaknya cukup kagum dengan adat budaya Kabupaten Trenggalek yang masih dipegang kuat hingga kini. Hal ini merupakan kearifan lokal yang patut dijaga dan dilestarikan.

“Saya baru pertama kali ini mengikuti rangkaian prosesi upacara adat hari jadi Kabupaten Trenggalek merasa turut bangga dengan budaya dan kerarifan lokal yang ada di Trenggalek.” Ujarnya

Masih kata AKBP Alith, dari ziarah makam ini banyak hal yang bisa dipetik dan diambil pelajaran. Salah satunya adalah lebih mengenal tentang perjalanan sejarah Kabupaten Trenggalek berikut Riwayat perjuangan para leluhur dalam membangun Kabupaten Trenggalek hingga seperti sekarang ini.

“Napak tilas perjalanan sejarah Kabupaten Trenggalek” Imbuhnya

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin, S.E., Ketua DPRD H. Samsul Anam, S.H. M.H., M.Hum, Dandim 0806 Letkol Kav Peddy Adi Prasetyo, S. Sos., Kepala Pengadilan Negeri Antyo Hari Susetyo, S.H., Kajari yang diwakili Kasubagbin Sudibyo Utomo S.H.,  Kepala OPD Pemkab Trenggalek serta jajaran Muspika Trenggalek, Pogalan dan Karangan.

Artikel Hari Jadi ke-828, Kapolres Trenggalek Ikuti Prosesi Ziarah Makam Leluhur pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.