Marak Bencana Alam, Polres Trenggalek Gelar Patroli Berbagi

oleh -27 views

Polres Trenggalek – Seperti diketahui bersama beberapa hari terakhir wilayah Kabupaten Trenggalek diguyur hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Kondisi ini tentu saja membuat roda ekonomi masyarakat menjadi tersendat.

Menyikapi hal tersebut, Polres Trenggalek menggelar `Patroli Berbagi`. Patroli berbagi ini merupakan upaya kepolisian yang bersifat kemanusiaan sekaligus langkah memastikan kondisi Kamtibmas wilayah tetap dalam keadaan kondusif.

Dalam patroli berbagi ini, petugas baik Polres maupun Polsek jajaran melaksanakan patroli sebagaimana biasa. Berkeliling lokasi rawan kriminalitas maupun menyambangi pemukiman penduduk di wilayah masing-masing.

Nah, saat berpatroli ini, petugas bisa berdialog dengan masyarakat untuk mengetahui secara pasti kondisi keamanan setempat serta warga tak mampu yang memang membutuhkan bantuan. Dalam prosesnya patroli berbagi ini dapat melibatkan Bhabinkamtibmas.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. menuturkan, patroli berbagi ini merupakan wujud kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya warga tak mampu. Kehadiran Polisi tidak hanya membawa manfaat dalam aspek Kamtibmas tetapi juga sosial kemanusiaan.

“Simpati dan empati kepada sesama harus berangkat dari hati. Ikhlas mengabdi untuk negeri.” Ujar AKBP Alith

Jadi, Setiap kali melaksanakan patroli baik roda empat ataupun roda dua, petugas selalu membawa sejumlah paket sembako yang bisa dibagikan kepada warga. Terlebih bagi mereka yang menjadi korban bencana alam.

Selain dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas yang kondusif, patroli berbagi ini adalah salah satu upaya untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat sekaligus membangun komunikasi yang intens berbasis sosial kemanusiaan yang muaranya adalah tumbuhnya kesadaran masyarakat, bersinergi dengan Polri untuk bersama-sama menjadi keamanan wilayah.