Blue Light Patrol Satlantas Polres Trenggalek Sasar Titik Rawan

oleh -64 views

Polres Trenggalek – Guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas khususnya pada malam libur panjang, Kepolisian Resor Trenggalek menggelar Blue Light Patrol. Blue light patrol merupakan langkah preventif mencegah gangguan keamanan maupun Kamtibselcarlantas dengan menghadirkan petugas Kepolisian dengan kendaraan patroli yang dilengkapi dengan lampu rotator berwarna biru.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K menuturkan, blue light patrol ini digelar pada malam hari khususnya pada jam-jam padat aktivitas, rawan kriminalitas ataupun pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Petugas kita sebar dan tempatkan stationer maupun mobile pada simpul-simpul rawan gangguan Kamtibmas. Terlebih pada libur panjang seperti saat ini, karena ativitas masyarakat juga meningkat demikian pula dengan arus lalu lintas yang cukup padat.” Jelas AKBP Alith.

AKBP Alith menegaskan, tujuannya adalah memberi rasa aman dan nyaman masyarakat, memastikan Kamtibmas yang kondusif sekaligus sebagai langkah pencegahan dan antisipasi kriminalitas atau tindak pidana dan kejahatan lainnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Yudiyono, S.H. yang kebetulan memimpin langsung blue light patrol jajaran Satlantas di seputaran kota Trenggalek mengatakan, sasaran blue light patroli diarahkan pada jalur arteri padat aktivitas masyarakat dan black spot di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Sesuai dengan Tupoksi Satlantas yakni memastikan Kamseltibcarlantas kondusif dan menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah penjagaan, pengaturan arus lalu lintas hingga pengamanan jika ada kegiatan masyarakat.

“Disamping itu juga tindakan preemtif berupa interaksi dengan masyarakat, memberikan edukasi tentang tertib berlalu lintas dan mencegah pelanggaran seperti knalpot brong dan balap liar.” Ujar AKP Yudiyono.

Beberapa titik yang menjadi sasaran blue light patrol ini antara lain, simpang tiga dan empat di seputaran kota Trenggalek, pasar Pon, pasar sore dan alun-alun, pusat kuliner  sepeti Huko dan sepanjang jalan Brigjen Soetran. Tak hanya lingkar kota, blue light patrol juga digelar sejak dari jalan nasional perbatasan Trenggalek-Tulungagung hingga Ponorogo.

Agar lebih efektif, lanjut AKP Yudiyono, dalam kegiatan tersebut juga berkolaborasi dengan patroli Satsabhara maupun satuan kepolisian lainnya secara simultan dalam menjaga Kamtibmas yang kondusif serta memberikan respon cepat jika terdapat laporan masyarakat terkait dengan gangguan keamanan ataupun police hazard lainnya.

“Alhamdulillah, sampai saat ini semua dalam kondisi aman, tertib dan kondusif.” Pungkasnya