Dihadiri Mendag, Polres Trenggalek Kawal dan Amankan Istigasah Harlah Satu Abad NU

oleh -69 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek turut hadir dan mengamankan puncak peringatan Harlah satu abad Nahdlatul Ulama (NU) yang dikemas dalam bentuk istigasah kubro di Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek. Senin, (6/2).

Dalam acara yang dihadiri oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar tersebut ribuan orang yang merupakan warga NU dari berbagai kecamatan se Kabupaten Trenggalek tersebut memenuhi lokasi dan khidmat berdoa bersama.

Meskipun arus lalu lintas padat, namun dengan kesigapan dan penempatan personel yang tepat, tidak sampai menimbulkan kemacetan panjang. Berbagai kerawanan yang dimungkinkan timbul dapat diantisipasi dengan baik oleh petugas di lapangan.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. melalui Wakapolres Kompol Sunardi, S.Pd. yang turut hadir dan memimpin langsung jalannya pengamanan mengatakan, guna mendukung kegiatan tersebut, Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya 140 personel yang merupakan gabungan dari Polres dan Polsek jajaran.

“Kita lakukan pengawalan rombongan peserta yang datang dari titik kumpul di masing-masing kecamatan. Pengawalan dilakukan oleh Polsek jajaran, baik keberangkatan maupun kepulangannya.” Ujar Iptu Suswanto.

Selain itu, untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas, sejumlah personel juga di tempatkan pada titik-titik rawan, simpul maupun jalur padat aktivitas di sepanjang rute yang dilewati rombongan hingga lokasi kegiatan.

Polres Trenggalek juga melakukan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus khususnya jalur masuk sekitar lokasi. Simpang 3 jarakan menuju Ponorogo dialihkan melalui jalur kota. Sementara simpang 4 Karangan arah Nglongsor ditutup total. Demikian pula dari simpang 3 Nglongsor kea rah Tulungagulung dialihkan lewat jalur kota. Sedangkan jalan depan balai desa Salamrejo di tutup total.

Sementara untuk parkir peserta atau pengunjung ditempatkan disepanjang jalan raya depan Mapolsek Karangan ke utara. Lapangan kerjo dan sepanjang jalan simpang 4 Kerjo serta jalan depan balai desa Sambirejo juga disiapkan sebagai kantong Parkir.

Tak berhenti disitu, Kepolisian Bumi Menak Sopal ini juga menerjunkan personel yang bertugas khusus melakukan patroli secara mobile baik dari Satsamapta maupun personel tertutup dari Satintelkam dan Satreskrim.

“Alhamduliilah, semua rangkaian kegiatan berjalan aman kondusif. Tentu semua ini berkat kerjakeras dari semua pihak. Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama dan sinergitas yang baik sehingga kegiatan hari ini berlangsung dengan tertib dan lancar.” Pungkasnya.