Kenalkan Budaya Indonesia Pada Anak-anak, Polantas Trenggalek Kenakan Blangkon dan Udeng

oleh -81 views

Polres Trenggalek – Kedekatan antara petugas Polantas dengan anak-anak khususnya Pendidikan Usia Dini (Paud) dan Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Trenggalek memang patut diacungi jempol. Ada saja yang dilakukan untuk membangun karakter dan menambah wawasan anak-anak khususnya terkait dengan tertib berlalu lintas.

Yang terbaru, Satlantas Polres Trenggalek yang dimotori oleh unit Kamsel bertandang ke TK/Paud Aisyiyah Trenggalek. Uniknya, dalam kegiatan yang dikemas dalam program Polisi Sahabat Anak atau Polsanak tersebut para Polantas mengenakan tutup kepala berupa udeng dan blankon. Jumat, (24/2).

Bukan itu saja, para Polantas ini juga mengajak anak-anak untuk memainkan berbagai macam alat music tradisional seperti gamelan dan angklung.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek melalui Kasatlantas AKP Yudiyono, S.H. mengatakan, Polisi dalam hal ini Satlantas Polres Trenggalek turut terlibat aktif dalam melestarikan budaya nusantara. Salah satunya melalui kegiatan Polsanak tersebut.

“Kita padukan antara edukasi tertib berlalu lintas pada anak-anak dengan pengenalan keanekaragaman budaya di Indonesia.” Ungkap AKP Yudiyono.

Alhasil, formula baru tersebut terbukti sukses menarik perhatian anak-anak. Terlebih saat maskot andalan Satlantas Polres Trenggalek yakni si Bolis hadir menghibur dan mengajak anak-anak menyanyikan lagu-lagu daerah.

Sementara itu, Kanitkamsel Satlantas Polres Trenggalek Aiptu Ali Wibowo, S.H. yang kebetulan turun tangan langsung memimpin kegiatan tersebut mengatakan, pengenalan keragaman adat dan buaya Indonesia harus dilakukan sejak usia dini agar tumbuh rasa cinta tanah air dan nasionalisme yang tinggi.

“Kita tanamkan bahwa perbedaan adalah anugerah dan tumbuhkan jiwa persatuan yang kuat.” Ujarnya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan Polsanak dengan konsep baru ini dapat menjadikan anak-anak yang merupakan generasi masa depan ini sosok yang tidak hanya tertib berlalu lintas tetapi juga mencintai adat dan budaya yang ada di Indonesia .

No More Posts Available.

No more pages to load.