Kayuh Sepeda Polisi di Trenggalek Patroli Keliling Kota, Pastikan Ramadan Kondusif

oleh -70 views

Polres Trenggalek – Minggu pertama bulan suci Ramadan, secara berlahan kegiatan dan aktivitas masyarakat mulai terlihat peningkatan. Terutama pada pusat perbelanjaan, pertokoan maupun pasar yang berada di seputaran kota Trenggalek.

Sejak pagi hingga sore hari bisa dipastikan dipadatii oleh masyarakat yang berbelanja berbagai keperluan sehari-hari maupun menyiapkan kebutuhan menjelang waktu berbuka puasa.

Menindak lanjuti hal tersebut, jajaran Satsamapta Polres Trenggalek mengerahkan sejumlah personelnya untuk berpatroli memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya yang sedang beraktivitas di berbagai tempat.

Uniknya, petugas patroli ini tidak mengendari kendaraan bermotor seperti mobil patroli ataupun sepeda motor yang biasa digunakan berpatroli melainkan sepeda kayuh. Ya, unit patroli bersepeda ini sengaja diterjunkan untuk mempertebal pengamanan selama bulan Ramadan. Senin, (27/3).

Dikonfirmasi tepisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., melalui Kasatsamapta AKP Supadi, S.H. mengatakan, pada dasarnya patroli bersepeda ini untuk melengkapi personel patroli bermotor yang memang sudah rutin melaksanakan tugas sebelumnya.

“Dalam satu hari ada dua regu patroli bersepeda yang kita kerahkan dengan lokasi maupun sasaran yang berbeda.” Ucap AKP Supadi

Selain siang hari, patroli bersepeda juga dikerahkan pada malam hari dan tergabung dalam patroli tarawih. Sasarannya adalah pemukiman penduduk untuk memastikan tidak terjadi gangguan keamanan seperti pencurian karena banyak rumah yang kosong ditinggal pemiliknya menunaikan ibadah tarawih di masjid terdekat.

“Patroli bersepeda lebih efektif karena bisa blusukan sampai ke gang-gang kecil.” Ujarnya.

Sedangkan untuk siang hari lanjut AKP Supadi, patroli diarahkan ke sentra aktivitas masyarakat terutama pada pusat perbelanjaan yang berada di jalan Soekarno-Hatta dan Panglima Sudirman serta pusat perbelanjaan seperti area pasar pon dan kantor-kantor pemerintahan dan perbankan.

“Tak hanya sekadar berkeliling, petugas juga kita wajibkan berinteraksi dengan masyarakat dan menyampaikan imbauan Kamtibmas.” Pungkasnya.

Pihaknya berharap dengan penebalan pengamanan melalui patroli bersepeda ini, situasi Kamtibmas Kabupaten Trenggalek selama bulan Ramadan tetap dalam keadaan kondusif. Kehadiran polisi di tengah masyarakat juga diharapkan mampu menekan potensi kejahatan.

No More Posts Available.

No more pages to load.