Bhabinkamtibmas di Trenggalek Turun Tangan, Bekali Satlinmas Keterampilan Ini

oleh -1,331 views

Polres Trenggalek – Salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan keamanan dan ketertiban khususnya dilingkungan desa adalah Satuan Perlindungan Masyarakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Satlinmas.

Keberadaan Satinmas ini sangat penting sebagai garda terdepan dalam penyelenggraan ketertiban umum dan ketnteraman masyarakat. Satlinmas ini beranggotakan unsur masyarakat yang berada di kelurahan atau desa.

Guna mewujudkan postur Satlinmas yang memiliki kapasitas, Polres Trenggalek mengerahkan sejumlah Bhabinkamtibmas jajarannya untuk terlibat aktif memberikan pembinaan dan pelatihan kepolisian dasar berupa kemampuan dan keterampilan dan pembentukan sikap dan perilaku serta kemampuan sehingga dapat melaksanakan tugasnya secara baik.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas desa Kedungsigit, Kecamatan karangan, kabupaten Trenggalek ini. Disela-sela kesibukannya, Aipda Ali Usman masih menyempatkan diri melatih para Satlinmas yang berada dibawah naungan disa binaannya.

Mengambil tenmapt di gedung serbaguna desa setempat, Aipda Ali bersama dengan unsur tiga pilar lainnya (Babinsa dan Kades), menyampaikan sejumlah materi yang terkait dengan dasat hukum pembentukan Satlinmas, berbagai macam tugas dan kewenangan Linmas hingga peran Satlinmas dalam menyukseskan Pemilu 2024. Kamis, (1/2).

“Satlinmas memegang peranan penting saat pemungutan suara nanti, dimana Satlinmas bersama TNI dan Polri turut membantu menjaga dan mengamankan TPS.” Ujarnya.

Selain menjelaskan tentang peran dan fungsi Satlinmas, Aipda Ali juga memberikan pembekalan secara praktik mula dari peraturan dasar baris berbaris, metode dan pola pengamanan, patroli maupun penjagaan serta cara bertindak saat menghadapi suatu permasalahan.

“Dengan pelatihan ini, kami berharap, kualitas Satlinmas di desa Kedungsigit semakin meningkat baik secara personal maupun ikatan kelompok sehingga masyarakat benar-benar bisa merasakan manfaat dari keberadaan Satlinmas, lingkungan semakin aman dan tenteram.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.