Peran Aktif Polwan Trenggalek dalam Pengamanan Aksi Damai Paguyuban Pedagang Pasar, dari Negosiator Hingga Bagikan Snack dan Air Minum

oleh -21 views

Polres Trenggalek – Ada yang mungkin luput dari perhatian masyarakat saat pengamanan aksi damai para pedagang pasar yang digelar di pendopo Manggala Praja Nugraha, Kabupaten Trenggalek siang ini. Senin, (6/5).

Ya, Polres Trenggalek mengerahkan puluhan personel Polisi Wanita atau yang lebih dikenal dengan sebutan Polwan sebagai garis depan dalam proses pengamanan yang berhadapan langsung dengan para peserta aksi damai.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kabagops Kompol Suyono, S.H., M.Hum. mengungkapkan dari 146 personel pengamanan yang dilibatkan, 30 orang diantaranya merupakan personel Polwan.

Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, mengingat sebagian besar dari para peserta aksi merupakan ibu-ibu yang berprofesi sebagai pedagang di berbagai pasar yang ada di Kabupaten Trenggalek. Oleh sebab itu, pelibatan Polwan dinilai cukup efektif untuk menurunkan tensi peserta aksi.

“Sebagai sesama perempuan tentunya menjadi lebih adem dan akomodatif. Mengingat peleton Polwan ini juga bertugas sebagai negosiator dibawah koordinator Satbinmas. Menjadi jembatan antara peserta dengan pejabat atau sasaran aksi.” Jelasnya.

Bukan itu saja, saat dilakukan dialog dan dikusi bersama Wakil Bupati di dalam pendopo, Polwan juga nampak turun tangan memfasilitasi para pengunjuk rasa. Bahkan, dengan cekatan para srikandi bhayangkara ini membagikan snack dan air minum kemasan kepada peserta aksi.

“Alhamdulillah, hingga kegiatan selesai semua berjalan aman dan lancar. Kami sampakan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta aksi yang telah turut andil dalam menjaga keamanan, juga kepada seluruh personel pengamanan atas kerja kerasnya sehingga kondusivitas tetap terjaga dengan baik.” Pungkasnya.