Potret Kedekatan Polisi Dengan Masyarakat Dalam PadiMas

oleh -27 views

Polres Trenggalek – Dalam rangka menjaga Kamtibmas yang kondusif, jajaran Polres Trenggalek menggalakkan patroli ke sejumlah tempat yang dinilai memiliki kerawanan cukup tinggi. Uniknya, patroli yang dilakukan tidak sebatas berkeliling saja tetapi juga berdialog langsung dengan masyarakat yang dijumpai.

Ya, patroli ini disebut dengan PadiMas atau Patroli Dialogis Menciptakan Kamtibmas. Ptraoli yang tergelar melibatkan sedikitnya satu unit dan menjangkau hingga pelosok pemukiman penduduk di seluruh Kabupaten Trenggalek.

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasihumas Iptu Susila Basuki, S.Sos. mengungkapkan, [PadiMas menggunakan pendekatan interaksi langsung dengan masyarakat.

Sengan begitu, petugas dapat menampung berbagai informasi hingga keluhan dan masukan dari setia masyarakat yang dijumpainya. Hal ini sangat penting sebagai jembatan antara Polri dengan masyarakat sehingga penanganan setiap permasalahan yang muncul dapat lebih komprehensif.

“Padimas digelar secara menyeluruh oleh seluruh jajaran Polres Trenggalek dari tingkat Polres maupun Polsek jajaran. Untuk tingkat Polres mengedepankan fungsi Satsamapta, Satlantas dan Satbinmas. Sedangkan dari Polsek unit Samapta dan Binmas.” Jelasnya.

Adapun sasaran dari patroli ini adalah tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian, lokasi wisata, pasar dan pusat kuliner maupun objek vital lainnya.

Meski terlihat sederhana, PadiMas dinila cukup efektif untuk membangun sinergitas antara Polri dan masyarakat serta berpengaruf positif dalam upaya membangun kesadaran masyarakat untuk berperan aktif dan berkontribusi secara mandiri dalam pengelolaan Kamtibmas khususnya di lingkungan masing-masing.

“Dalam satu hari, PadiMas bisa dilaksanakan tiga sampai lima kali dengan sasaran yang berbeda. Bergantung situasi dan kerawanan dari masing-masing wilayah.” Imbuhnya.

Dengan PadiMas ini, pihaknya berharap situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Trenggalek senantiasa kondusif selaras dengan tingkat kepedulian masyarakat tentang Kamtibmas semakin meningkat.