Pimpin Rakor Pengamanan Pengesahan Warga Baru PSHT, Wakapolres Trenggalek Tekankan Ini

oleh -17 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek akan menerjunkan sejumlah personel gabungan untuk mengamankan perhelatan pengesahan warga baru PSHT, salah satu perguruan pencak silat di Kabupaten Trenggalek. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) pengamanan yang digelar di Mapolres Trenggalek. Rabu, (10/7).

Wakapolres Trenggalek Kompol Kompol M. Khoiril, S.Pd., M.H. yang memimpin langsung jalannya Rakor tersebut mengatakan, untuk mencegah gangguan Kamtibmas, Polres Trenggalek melibatkan personel pengamanan yang terdiri dari 500 personel Polri dibantu 150 personel Kodim 0806, 5 personel Polisi Militer, 100 orang Satpol PP dan 30 orang Dishub. Selain itu, dalam pengamanan ini juga melibatkan pengamanan internal PSHT serta potensi masyarakat lainnya.

“Pengamanan kita lakukan diseluruh wilayah Kabupaten Trenggalek. Kita pastikan situasi keamanan tetap kondusif, tidak ada gesekan dan masyarakat tidak terganggu dan bisa melaksanakan aktivitas sebagaimana biasa.” Jelasnya.

Pada dasarnya, pengesahan warga baru seperti ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya. Namun terdapat beberapa potensi kerawanan yang perlu diantisipasi, mulai dari konvoi dan arak-arakan terlebih menggunakan knal pot brong, gesekan dengan perguruan silat lain hingga perusakan maupun penganiayaan.

“Pengawalan nanti dilakukan oleh Polsek bersama Koramil menuju titik kumpul. Kemudian ada tim mobile yang menyertai rombongan dan penempatan personel pada titik-titik yang dinilai rawan.” Imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya mengimbau agar tidak melakukan konvoi dan meminta untuk menjaga tingkah laku atau perbuatan yang sekiranya dapat mengganggu kenyamanan masyarakat. Demikian pula dengan pengamanan internal agar lebih tegas kepada anggota perguruan pencak silat yang melanggar.

“Kami minta komitmen ini benar-benar dilaksanakan dan diimplementasikan dengan baik. Harapan kita semua tentunya kegiatan ini dapat berjalan aman dan lancar.” Pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain, Kasdim 0806 Mayor Arh Yanuar Sulistiyo, S.H., Kepala Kesbangpol Drs. Widarsono M.M., Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Trenggalek dr. Saeroni, M.M.R.S., Pejabat utama Polres Trenggalek, kepala OPD terkait, Kapolsek Jajaran serta pengurus PSHT Cabang Trenggalek.