Bawakan Ribuan Liter Air Bersih, Patroli Genthong Polres Trenggalek Disambut Warga

oleh -31 views

Polres Trenggalek – Sejumlah wilayah di kecamatan Durenan turut terdampak kekeringan ekstrem yang melanda Kabupaten Trenggalek. Imbasnya, warga kesulitan untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Tak mau berpangku tangan, sejumlah Polsek jajaran di Trenggalek mengerahkan patroli genthong untuk membantu dropping air bersih untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan air bersih.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Polsek Durenan. Patroli genthong yang diawaki oleh sedikitnya 5 personel ini bergerak menuju desa Gador. Kedatangan kendaraan patroli yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengangkut dua buah tandon air yang masing-masing berkapasitas 500 liter ini langsung diserbu warga yang didominasi oleh kalangan ibu-ibu. Bahkan, beberapa diantaranya terlihat menggendong anak sambil membawa jeriken atau wadah air. Rabu, (28/8).

Petugas pun dengan sigap mengatur antrian dan membagikan air melalui selang yang telah disiapkan sebelumnya. Sembari menunggu antrian, salah seorang petugas memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.si. melalui Kapolsek Durenan AKP Sunawir, S.H. mengatakan, Patroli genthong merupakan kegiatan yang berorientasi dan mengedepankan aksi kemanusiaan.

“Iya benar. Hari ini Patroli Genthong Polsek Durenan membagikan air di desa Gador yang juga terdampak kekeringan dan kemarau panjang.” Jelasnya.

Pihaknya menuturkan, distribusi air dilakukan pada sedikitnya dua titik yakni RT 19 dan RT 20 dusun Pingit Kulon dan bisa mencukupi kebutuhan air bersih untuk sekurangnya 20 keluarga. Untuk cakupan yang lebih luas, pihaknya melakukan pengiriman 2-3 kali dalam sehari.

“Jika memungkinkan, kapasitas nanti kita upayakan ditambah agar lebih banyak warga yang bisa kebagian air.” Ucapnya.

Hal yang sama juga terjadi diwilayah Kecamatan Panggul. Kedatangan Patroli Genthong Polsek Panggul yang membawa air sebanyak 1.000 liter ini langsung ludes diserbu warga. Masyarakat dusun Dusun Sanggar Desa Besuki yang memang sudah menunggu kedatangan mobil patroli ini sudah menyiapkan berbagai macam wadah air.

“Ibarat kata, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Kita lakukan patroli wilayah agar aman dan kondusif sekaligus membagikan air bersih untuk warga. Semoga langkah kecil ini membawa manfaat dan bisa membantu masyarakat.” Ujar Kapolsek Panggul AKP Andi Salbi, Amd.Kep., S.H.

Demikian pula di Gandusari. Patroli Genthong Polsek Gandusari bekerjasama dengan Komunitas Eltrek Trenggalek menggelontorkan sidikitnya 10.000 liter yang diangkut menggunakan 1 mobil patroli Polsek, 1 truk dan 3 pickup.

“Penyaluran kita lakukan di dua titik yakni RT 15 dan 16 dusun Manggis Desa Wonoanti. Alhamdulillah disambut positif oleh masyarakat.” Ujar Kapolsek Gandusari Iptu Katik, S.H..