Enam Jam Berjibaku, Kebakaran Hutan di Bendorejo Akhirnya Bisa Dipadamkan

oleh -383 views

Polres Trenggalek – Hutan lindung yang berada di dusun Nglembu tepatnya di desa Bendorejo, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek dilalap si jago merah. Wilayah yang terdampak kebakaran mencapai 2 hektar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Pogalan Iptu Rudi Sugiarto, S.H. menerangkan, peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut terjadi pada hari Selasa tanggal 27 Agustus 2024 sekira pukul 17.15 Wib kemarin.

“Awalnya kami mendapat informasi dari pak Kades Bendorejo bahwa ada kebakaran hutan di dusun Nglembu. Dari informasi tersebut kami teruskan ke stakeholder terkait dan bersama-sama mendatangi lokasi dan berupaya melakukan pemadaman.” Jelas Iptu Rudi.

Kawasan hutan itu sendiri memiliki jenis tanaman campuran dan dipenuhi oleh semak belukar dan ilalang maupun daun kering yang sangat mudah, sehingga api dengan cepat menjalar.

Petugas gabungan yang terdiri dari personel Polsek Pogalan, Koramil, Perhutani, BPBD dan Damkar dibantu masyarakat sekitar harus bekerja keras memadamkan api baik menggunakan gepyok berupa ranting basah maupun alat pemadam kebakaran.

Akses jalan yang sulit dan tidak terjangkau oleh kendaraan pemadam kebakaran menjadi kendala tersendiri. Namun hal tersebut tak menyurutkan petugas untuk terus berjibaku memadamkan api. Kobaran api baru bisa dipadamkan sekira pukul 23.15 Wib.

“Meski proses cukup lama, Alhamdulillah, berkat kerja keras dan sinergitas yang kuata api bisa dipadamkan.

Pihaknya juga berpesan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terutama bagi masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan hutan, mengingat saat ini masih dalam masa kekeringan ekstem.

“Jangan membakar sampah sembarangan, jangan buang puntung rokok yang masih menyala. Jika mengetahui ada kebakaran hutan segera laporkan ke Polsek terdekat agar bisa segera di tangani.” Pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.