Setelah Patroli Genthong, Polres Trenggalek Kini Luncurkan Patroli Kendi. Antar Bantuan Air Hingga ke Rumah Warga

oleh -18 views

Polres Trenggalek – Ada yang unik saat Polisi menggelar Patroli Genthong untuk membagikan bantuan air bersih kepada warga tepanya didusun Mberan desa Gembleb kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek. Selain membawa tandon air berkapasitas 1.100 liter, bak bekalang kendaraan patroli tersebut juga dipenuhi dengan jeriken dan galon bekas yang sudah terisi air. Kamis, (29/8).

Usut punya usut, wadah air tersebut ternyata diperuntukkan bagi warga yang berdomisli relatif cukup jauh dari jalan raya dimana distribusi air dilakukan.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Pogalan Iptu Rudi Sugiarto, S.H., mengatakan, dari hasil evaluasi setelah beberapa waktu terakhir meneggelar Patroli Genthong di sejumlah wilayah, warga yang berada jauh dari jalan raya sering kali tidak kebagian air bersih.

“Misalkan dapat sekalipun, untuk membawa ke rumah mereka lumayan susah. Bayangkan saja, mereka harus bolak balik dari jalan raya ke rumah mereka sambil membawa air.” Ujar Iptu Rudi.

Oleh sebab itu, pihaknya berinisiatif menyediakan bantuan air bersih yang telah dikemas dalam jeriken dan galon bekas sehingga mudah dibawa. Bukan itu saja, petugas juga dengan suka cita mengantarkan air tersebut langsung ke rumah warga.

Alhasil, warga pun merasa senang dan sangat terbantu dengan cara baru dropping air bersih tersebut. Bahkan, tak sedikit yang ikut turun tangan berpartisipasi dan gotong royong membawa air ke rumah warga.

“Kalau yang kapasitas besar dinamakan patroli genthong. Nah untuk yang ukuran kecil ini kami sebut patroli kendi” Ujarnya sembari tersenyum

Pihaknya menambahkan, meski harus menambah jumlah personel dalam setiap kali pengiriman, namun dengan cara ini, dropping air bersih bisa semakin merata dan membawa manfaat lebih besar bagi masyarakat.

“Kita bagi tugas, untuk yang stanby di kendaraan membagikan air kepada warga yang dekat dengan jalan raya serta mengisi tandon atau toren diseputar lokasi. Sisanya mengantarkan air galon dan jeriken langsung ke rumah warga khususnya yang berdomisili agak jauh.” Pungkasnya.

Seperti diketahui bersama, beberapa waktu terakhir, sejumlah wilayah kabupaten Trengggalek turut terdampak kekeringan ektrem. Akibatnya, warga kesulitan mendapatkan aiar bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sebagai wujud kepedulian, Polres Trenggalek mengerahkan jajarannya menggelar patroli genthong, yakni sebuah kegiatan yang berorientasi pada aksi kemanusiaan, berperan aktif menyalurkan bantuan air bersih dengan memodifikasi kendaraan patroli yang difungsikan sebagai mobil tangki.

No More Posts Available.

No more pages to load.