Perdana Ikuti Prosesi Peringatan Hari Jadi Ke-830 Kabupaten Trenggalek, Ini Kesan AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si

oleh -36 views

Polres Trenggalek – Prosesi puncak peringatan Hari Jadi ke-830 Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah sekaligus Khidmat. ribuan masyarakat dari berbagai pelosok yang memang sudah menunggu sejak pagi, tumpek blek dan memadati sepanjang jalan hingga lingkar alun-alun dan pendopo Manggala Praja Nugraha dimana upacara adat digelar. Sabtu, (31/8).

Acara diawali dengan kirap pusaka dari dua lokasi yakni Durenan dan Kampak untuk kemudan disatukan di depan kantor Disdikpora. Dari situ rombangan kemudian bergerak menuju pendopo Kabupaten Trenggalek.

Di pendopo, pusaka diserahkan kepada Bupati Trenggalek diiringi tari tari Bedoyo Nitisari, Pembacaan sejarah Trenggalek, ujub Wilujengan dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Bupati Trenggalek.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. didampingi Sang istri Ny. Fita Indra yang kebetulan turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan tersebut mengungkapkan, acara hari ini mungkin menjadi momen yang tak terlupakan.

Dengan mengenakan busana tradisonal Jawa, orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini turut dalam rombongan Forkopimda mulai dari kirap pusaka hingga rangkaian upacara adat di pendopo Kabupaten Trenggalek.

“Masyarakat Kabupaten Trenggalek masih memegang teguh adat dan istiadat. Ini tentu merupakan sesuatu yang luar biasa ditengah gempuran teknologi dan informasi yang demikian pesat.” Ujar AKBP Indra.

Pihaknya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut sebagai salah satu wujud nyata melestarikan budaya Kabupaten Trenggalek. Menurutnya, hal ini sangat penting agar generasi muda tidak lupa dengan adat istiadat yang penuh dengan nilai-nilai luhur.

“Selaku pribadi dan pimpinan Polres Trenggalek, saya ucapkan selamat hari jadi ke-830 Kabupaten Trenggalek. Semoga semakin maju, sukses dan menjadi kabupaten yang aman, makmur dan lebih sejahtera. Pinayungan Kaluhuran” Pungkasnya.