Prosesi Adat Kirap Pusaka, Ini Yang Dilakukan Polres Trenggalek

oleh -43 views

Prosesi Kirap Pusaka dalam rangka memperingatu Hari Jadi Kabupaten Trenggalek mendapat sambutan hangat dari berbagai elemen masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan cukup banyaknya masyarakat yang menyaksikan baik disepanjang rute maupun lingkar alun-alun dan pendopo Trenggalek.

Guna memastikan acara berjalan aman dan lancar, Kepolisian Resor Trenggalek mengerahkan sejumlah anggotanya untuk melakukan pengamanan.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kasihumas Iptu Susila Basuki, S.Sos. menegaskan, untuk pengamanan rangkaian kegiatan hari ini, Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya 181 personel.

“Pengamanan dari Polres dan Polsek jajaran. Mengingat rangkaian dari kiirap pusaka ii juga di lakukan dari Kecamatan DSurenan dan Kampak.” Ujarnya.

Dari keseluruhan personel pengamanan tersebut lanjut Iptu Susila, beberap adiantaranya bertugas melakukan pengaturan dan penjagaan di sepanjang rute Kirap Pusaka yakni start dari depan kantor DisDikpor, jalan R.A. Kartini, jalan P. Sudirma, jalan Yos Sudarso, jalan Basuki Rahmat, jalan Patimura jalan Jaksa Agung Suprapto masuk ke jalan P. Diponegoro, jalan HOS Cokroaminoto, jalan Hasyim Ashari/ Tugu Garuda dan finish di Pendopo Kabupaten Trenggalek.

Dalam pelaksanaanya, Polres Trenggalek juga menugaskan sejumlah personel untuk melakukan pengawalan rombongan sejak dari titik titik kumpul.

Diluar itu, ada pula petugas patroli mobile dari Satlantas dan Satsamapta, kemudian pengamanan tertutup dari Satreskrim, Satresnarkoba dan Satintelkam. Semua satuan fungsi kepolisian libatkan agar kegiatan bejalana lancar dan tidak ada gangguan sekecil apapun.

“Alhamdulillah, hingga selesai kegiatan berjalan lancar. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat Kabupaten Trenggalek.” Pungkasnya.