Patroli Kendi Polsek Pogalan Beraksi, Khusus Bagi Warga Yang Berdomisili Jauh Dari Jalan Raya

oleh -39 views

Polres Trenggalek – Totalitas jajaran kepolisian dalam membantu masyarakat terdampak memang patut diacungi jempol. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan patroli genthong yang secara terus menerus diterjunkan untuk membantu penyaluran air bersih kepada warga yang membutuhkan.

Sedikit berbeda, selain patroli genthong, Polsek Pogalan juga mengerahkan patroli kendi. Bedanya, patroli kendi bukan membawa tandon air berukuran besar, namun berupa galon dan jeriken. Patroli kendi menyasar masyarakat yang berdomisili cukup jauh dari jalan raya. Bahkan, petugas juga membantu membawa air sampai ke depan rumah warga.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., melalui Kapolsek Pogalan Iptu Rudi Sugiarto, S.H. menegaskan, tujuan utama dari patroli kendi ini adalah agar penyaluran air bisa lebih merata dan warga tidak kesulitan membawa air dari tempat penampungan atau distribusi.

“Hari ini patroli genthong dan kendi kita arahkan ke desa Pogalan. Jadi, ada dua armada yang kita kerahkan. Patroli genthong untuk mengisi tandon dan warga yang berada dekat dengan jalan raya, sementara patroli kendi khusus diperuntukkan bagi warga yang berada cukup jauh. Biar semua kebagian air bersih.” Ungkapnya kepada tim redaksi. Sabtu, (7/9).

Iptu Rudi menambahkan, pihaknya menyiapkan sedikitnya 100 galon bekas berisi air bersih yang masing-masing berkapasitas 15 liter sehingga total air yang dibawa patroli kendi ini mencapai 1.500 liter.

Lebih lanjut Iptu Rudi mengatakan, sembari dropping air bersih, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan petugas untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas serta menampung aspirasi dan keluhan masyarakat dalam menghadapi kekeringan panjang.

“Alhamdulillah, respon warga sangat positif. Kita upayakan dropping air bisa kita laksanakan setiap hari. Nanti kita koordinasikan dengan BPBD, wilayah mana saja yang belum terkirim bisa kita backup dengan patroli genthong dan kendi ini.” Pungkasnya.