Terus Bergerak, Patroli Genthong Polres Trenggalek Sisir Desa Terdampak Kekeringan

oleh -16 views

Polres Trenggalek – Upaya jajaran kepolisian dalam membantu penanganan dampak kekeringan panjang di kabupaten Trenggalek patut di acungi jempol. Bagaimana tidak, hampir setiap hari bisa dipastikan jajaran kepolisian Bumi Menak Sopal ini rutin mengirimkan bantuan air bersih di sejumlah desa.

Seperti yang terlihat dii desa Ngrencak, Kecamatan Panggul. Sejak pagi hingga siang hari, kendaraan patroli genthong Polsek Panggul terlihat wira wiri di jalan desa Ngrencak sembari membawa tandon air berkapasitas 1.200 liter. Rabu, (18/9).

Warga yang memang sudah menunggu kedatangan bantuan air bersih tersebut, sudah menyiapkan berbagai wadah air di pinggir jalan. Alhasil, tidak butuh waktu lama, air bersih pun ludes diserbu warga.

Kapolres Trenggalek AKBP Indra Ranu Dikarta, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Panggul AKP Andi Salbi, A.Md.Kep., S.H., mengatakan, desa Ngrencak merupakan salah satu desa yang cukup terdampak kekeringan. Beberapa sumur warga diketahui sudah kering dan tidak mengeluarkan air sama sekali.

“Banyak warga yang mengandalkan dropping untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari. Untuk hari ini kita lakukan tiga kali pengiriman dengan titik lokasi yang berbeda.” Jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Pogalan Iptu Rudi Sugiarto, S.H. menuturkan, jajaran Polsek Pogalan hari ini menyalurkan bantuan air bersih di wilayah desa Gembleb. Pihaknya menyiapkan sedikitnya 100 galon air bersih yang diangkut menggunakan mobil patroli.

“Seperti biasa, pengiriman kita lakukan dua kali. Satu kali dropping membawa 50 galon, masing-masing 15 liter dan langsung kita distribusikan ke rumah-rumah warga.” Ujarnya.

Pihaknya berharap, dengan pengiriman air bersih ini, sedikit banyak bisa membantu warga untuk mencukupi kebutuhan air bersih sehari-hari, baik untuk keperluan air minum, memasak maupun mencuci.