Malam Suroan, Polres Trenggalek Terapkan Pola Pengamanan Strategis

oleh -57 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek mengerahkan ratusan personelnya untuk mengamankan malam Suro yang bersamaan dengan malam Tahun baru Islam 1 Muharram, 1444 H. Ratusan personel diterjunkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang merayakan .

Kegiatan pengamanan diawali dengan apel di halaman Mapolres yang diikuti oleh segenap personel yang terlibat pengamanan.  Jumat, (29/7).

Dikonfirmasi terpisah, Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, S.H. mengatakan, untuk pengamanan malam Suro ini, Polres Trenggalek mengerahkan sedikitnya 535 personel gabungan yang terdiri dari personel Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub.

“Bulan Suro merupakan bulan yang dianggap sakral dalam penanggalan Jawa. Sebagai bagian dari masyarakat mataraman, sebagian masyarakat Trenggalek juga merayakan bulan Suro/Tahun Baru Muharram 1444 H.” Ujar Iptu Suswanto.

Iptu Suswanto mengungkapkan, selain kegiatan keagamaan, beberapa komunitas masyarakat seperti perguruan pencak silat juga menggelar sejumlah kegiatan yang tersebar hampir diseluruh kecamatan di Kabupaten Trenggalek.

“Pengamanan di wilayah kecamatan dilakukan oleh Polsek jajaran.  Khusus wilayah rawan pengamanan di pertebal dengan backup personel dari Polres.” Imbuhnya.

Sedangkan untuk wilayah kota, personel pengamanan disebar stationer pada simpul-simpul rawan diantaranya Pasar Pon, Masjid Agung dan lingkar alun-alun serta pusat keramaian lainnya. Tak hanya itu, Polres Trenggalek juga menerjunkan patroli mobile baik dari polisi berseragam maupun tidak berseragam.

“Patroli mobile dilakukan untuk meminimalisir kerawanan kriminalitas maupun kejahatan jalanan lainnya. Termasuk Kamseltibcarlantas.” Ucapnya.

Pihaknya berharap dengan pola pengamanan yang tergelar, seluruh rangkaian kegiatan Suroan atau malam tahun baru Muharram 1444 H di Kabupaten Trenggalek dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.