Peringatan HAN, Kapolres Trenggalek: Keluarga Adalah Kunci

oleh -68 views

Polres Trenggalek – Membentuk generasi bangsa yang cerdas, sehat, berakhlak mulia dan cinta tanah air harus dimulai sejak usia anak-anak. Kondisi ini dapat terwujud jika hak-hak anak terpenuhi dan diberikan perlindungan konkret sehingga tumbuh kembang anak bisa lebih optimal.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K., saat menghadiri acara Launching Desa Nol Perkawinan Anak dan Program Safe4c sekaligus peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar di di pendopo Manggala Praja Nugraha, Kabupaten Trenggalek. Senin, (8/8).

“Keluarga adalah kunci utama dalam membentuk karakter anak-anak. Tentunya didukung oleh lingkungan yang kondusif dan peran pemerintah agar hak anak seperti hak hidup, tumbuh dan berkembang, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi dapat terpenuhi.” Ujar AKBP Alith.

AKBP Alith menuturkan, peringatan hari anak nasional yang mengambil tema `Anak Terlindungi Indonesia Maju` ini merupakan momen tepat untuk menggugah semangat masyarakat untuk lebih peduli dan berpartisipasi dalam pemenuhan hak anak.

Dari kepolisian sendiri lanjut AKBP Alith, telah turut berperan aktif dalam proses perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak. Salah satunya dengan menggelar berbagai kegiatan yang fokus dalam mendorong tumbuh kembang anak seperti Polisi sahabat anak maupun police goes to school dengan sasaran pelajar mulai dari Paud hingga jenjang sekolah menengah.

Disamping itu, dalam organisasi kepolisian terdapat satu unit khusus yakni unit PPA yang bertugas memberikan perlindungan dan penegakan hukum terkait dengan kasus perempuan dan anak, dimana petugas yang mengawaki merupakan personel Polri yang memiliki kompetensi khusus dan sudah berpengalaman dalam penanganan perkara perempuan dan anak.

“Kita juga sudah bentuk Satgas PPA untuk mencegah segala bentuk kekerasan seksual serta menangani, melindungi dan memulihkan korban kekerasan seksual. Bersama, kita wujudkan Kabupaten Trenggalek Ramah Anak.” Imbuhnya

Dalam acara tersebut ditampilkan pula kepiawaian anak-anak dalam membaca pusisi, menyanyi hingga pentas drama dan teater oleh para pelajar. Sedangkan seremonial launching Desa Nol Perkawinan Anak dan Program Safe4c dilakukan dengan pemukulan 100 kentongan secara serentak.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Bupati H. Mochamad Nur Arifin, Dandim 0806 Letkol Kav. Peddy Adi Prasetyo, S.Sos, Ketua DPRD Samsul Anam S.H,.M.H.,M.Hum, Wakil PN Trenggalek Gatot parmujianto S.H, Perwakilan Kejari, Kepala OPD, Kepala Kemenag KH.Samsuri, perwakilan Unicef wilayah Jawa Bali Ari Nurmantara, serta sejumlah perwakilan guru dan pelajar se-Kabupaten Trenggalek.

Artikel Peringatan HAN, Kapolres Trenggalek: Keluarga Adalah Kunci pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.