Pemeriksaan Senpi, Kapolres Trenggalek: Pahami Aturan Penggunaan Senpi

oleh -554 views

Polres Trenggalek – Dalam menjalankan tugasnya selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, personel Polri dibekali dengan perangkat penunjang. Salah satunya adalah senjata api. Namun demikian, tidak semua anggota Polri bisa membawa Senpi. Sejumlah prosedur ketat harus dilewati dan harus memenuhi persyaratan yang diwajibkan.

Untuk memastikan hal tersebut, Polres Trenggalek secara rutin menggelar pemeriksaan senpi. Pemeriksaan dilakukan sebagai sarana kontrol dan pengawasan melekat agar tidak terjadi penyelewengan atau penyalahgunaan Senpi itu sendiri.

Mengambil tempat di parkir barat Mapolres, sejumlah Senpi organik Polri tersebut nampak sudah di tata rapi diatas meja. Sementara beberapa personel lainnya terlihat berbaris tertib sembari menunggu gilirian pengecekan oleh Sipropam bersama Baglog Polres Trenggalek. Rabu, (10/8).

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. saat meninjau langsung jalannya kegiatan tersebut mengatakan, pemeriksaan Senpi dilakukan secara mendadak. Tujuannya, untuk memastikan keberadaan fisik senpi sesuai dengan daftar pinjam pakai berikut jumlah amunisinya.

“Setiap pemegang Senpi harus memahami betul SOP dan aturan dalam penggunaan Senpi. Membawa Senpi bukan untuk sekadar gagah-gagahan tetapi dimanfaatkan untuk melindungi masyarakat. Jika ada pelanggaran atau penyalahgunaan say apastikan akan ditindak tegas.” Ujarnya.

Pihaknya meminta agar setiap anggota bener-benar menjaga dan merawat Senpi, karena apapun yang terjadi, tanggung jawab berada pada pemegang Senpi.

“Ingat doktrin kita, Senpi adalah istri pertama. Jaga dan rawat dengan baik.” Imbuhnya.

Sementara itu, Kasipropam Polres Trenggalek Iptu Mukhtar, S.H. yang turut hadir dan memimpin langsung proses pengecekan tersebut menuturkan, objek pemeriksaan adalah seluruh Senpi inventaris Polres Trenggalek meliputi Senpi Laras panjang maupun pendek baik yang berada di Polsek maupun Polres termasuk yang dipinjam pakaikan kepada anggota.

Adapun pemeriksaan Senpi yang dilakukan meliputi aspek perawatan dan kebersihan, legalitas dan administrasi berupa surat ijin yang masih berlaku serta kelengkapan lainnya seperti jumlah amunisi dan lain-lain

“Hasil pemeriksaan hari ini, secara keseluruhan dalam keadaan lengkap.” Ucapnya

Artikel Pemeriksaan Senpi, Kapolres Trenggalek: Pahami Aturan Penggunaan Senpi pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.

No More Posts Available.

No more pages to load.