Beri Kesempatan Ibadah Salat Jumat, Polwan Polres Trenggalek Gantikan Tugas Jaga hingga Patroli

oleh -73 views

Polres Trenggalek – Tak seperti biasanya, hari ini setiap sudut Mapolres terlihat polisi Wanita yang bertugas. Mulai dari penjagaan, ruang pelayanan hingga jaga tahanan. Usut punya usut, para Polwan ini memang sengaja di tugaskan menggantikan Polki (Sebutan untuk polisi laki-laki.red) yang sedang melaksanakan ibadah Salat Jumat. Jumat, (26/8).

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. mengungkapkan salat Jumat merupakan kewajiban bagi umat muslim terutama laki-laki yang tidak boleh ditinggalkan. Sementara pada saat yang sama, masih cukup banyak personel yang menjalan tugas dan kewajibannya sebagai anggota Polri.

“Jadi, setiap hari jumat, saat tiba waktunya ibadah salat Jumat, seluruh petugas laki-laki akan digantikan oleh para Polwan ini sehingga mereka bisa menjalankan ibadah salat jumat.” Jelas AKBP Alith.

Masih kata AKBP Alith, penggantian tugas ini tidak hanya terbatas dilingkungan Polres semata, bahkan petugas patroli pun di perankan oleh para Polwan. Menurutnya, ini merupakan solusi yang cukup mengena dan bisa diterapkan khusus hari Jumat. Sedangkan untuk hari lainnya tetap berlangsung seperti biasa.

“Kita punya 31 orang Polwan. Perkuatan ini kita bagi rata mulai dari penjagaan, pelayanan, termasuk pengamanan dan pengaturan di masjid-masjid yang berada di dalam kota Trenggalek.” Imbuhnya.

Lebih lanjut AKBP Alith mengatakan, sebagai anggota Polri, Polwan juga telah dibekali dengan berbagai kemampuan sebagaimana polisi laki-laki, sehingga bisa ditempatkan dan ditugaskan dimana saja.

“Jadi, tugas rutin dan pelayanan tetap bisa terselesaikan, ibadah pun tetap jalan.”

Artikel Beri Kesempatan Ibadah Salat Jumat, Polwan Polres Trenggalek Gantikan Tugas Jaga hingga Patroli pertama kali tampil pada PolresTrenggalek.com.